MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ma’ruf Amin Jadi Cawapres Jokowi, MUI Jateng Pastikan Tak Bakal Terseret Politik

0 31.808

MuriaNewsCom, Semarang – Dipilihnya Ketua MUI KH Ma’ruf Amin menjadi cawapres mendampingi Joko Widodo (Jokowi) dikhawatirkan akan membawa lembaga MUI ke ranah politik praktis. Namun kekhawatiran ini dibantah Ketua MUI Jawa Tengah, Ahmad Darodji.

Ia memastikan, lembaga MUI terutama MUI Jateng tak bakal terseret arus politik, meski ketua MUI pusat maju dalam Pilpres 2019.

Daroji pun menyebut jika sedang bertugas sebagai anggota MUI, maka lepas baju politiknya. Namun pihaknya tak bisa menghalangi individu-individu dalam MUI untuk terlibat dalam politik praktis.

“MUI tidak berpolitik praktis, orangnya ya tidak bisa dipaksa, punya aspirasi. Kalau di MUI, lepas baju politiknya, kalau coblos Prabowo silakan, Jokowi silakan. Kayak saya (Ketua MUI Jateng) sudah tidak boleh ditarik-tarik poltik, kalau Daroji pilih apa, boleh,” katanya, Jumat (10/8/2018).

Meski demikian, secara pribadi ia mengaku bersyukur KH Ma’ruf Amin dipilih Jokowi sebagai pendampingnya dalam Pilpres 2019. Ia menyebut, hal itu sudah sesuai dengan sejarah berdirinya bangsa yang merupakan perpaduan nasionalis-religius.

“Nasionalis dan religius sudah sesuai harapan, KH Ma’ruf Amin adalah ulama yang nasionalisnya tulen. Ulama Indonesia adalah negarawan, kemudian nasionalis juga religius, seperti Pak Jokowi adalah muslim yang baik,” ujarnya.

Menurutnya sejak sebelum kemerdekaan dan era kemerdekaan, kaum nasionalis dan ulama sudah bersama-sama dan bersatu mendirikan negara ini. ”Sudah bersama-sama (sejak era kemerdekaan), yang disebut kaum nasionalis dan kaum ulama, bagaimana menyusun UUD, proklamasi, Pancasila,” terangnya.

Ia menegaskan pemilihan Ma’ruf sebagai cawapres jadi momentum bagus bagi umat Islam di Indonesia. Menurutnya Jokowi telah memilih pendamping yang bagus berdasarkan kedekatan hatinya dengan Ma’ruf.

Ia turut mendoakan agar pasangan calon tersebut bisa menang dalam kontestasi Pilpres 2019. “Saya berdoa, Insyallah berhasillah,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.