MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Gelar Berbagai Perlombaan, PWI dan Polres Kampanye Anti Hoaks

0 235

MuriaNewsCom, Kudus – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kudus dan Polres Kudus bakal mengampayekan edukasi anti hoaks. Salah satunya melalui kegiatan perlombaan dan sosialisasi, mulai dari lomba menulis surat, poster, hingga literasi media.

Ketua PWI Kabupaten Kudus Saiful Annas mengatakan, lomba menulis surat digelar untuk anak-anak usia sekolah dasar sederajat di Kabupaten Kudus. Lomba digelar di Aula Mapolres Kudus, Minggu (12/8/2018) mendatang.

”Melalui lomba ini, kami ingin mengajak anak-anak menulis surat agar terbiasa menuangkan gagasan, ide-idenya dan harapannya melalui tulisan. Diharapkan budaya literasi semakin tumbuh sejak dini,” katanya.

Untuk lomba poster, lanjut Annas, terbuka untuk umum. Pengumpulan karya masih akan dibuka hingga Minggu (19/8/2018) mendatang. Untuk lomba poster ada tiga tema yang bisa menjadi pilihan. Di antaranya polisi sahabatku, Indonesia merdeka tanpa hoaks, dan dukung Polri perangi hoaks.

”Untuk pengiriman poster dalam bentuk cetak dikirim ke persroom pendopo Kabupaten Kudus, dan poster softcopy bisa dikirim melalui email pwikudus@gmail.com,” jelasnya.

Kedua lomba tersebut, kata dia, merebutkan uang jutaan rupiah. Untuk lomba poster juara pertama mendapatkan hadiah uang tunia sebesar Rp 2 juta. Kemudian juara kedua mendapatkan hadiah Rp 1,5 juta, dan juara ketiga mendapatkan uang tunai Rp 750 ribu.

”Untuk menulis surat juara pertama mendapatkan uang tunia Rp 1 juta, kemudian juara kedua mendapatkan hadiah uang tunia sebesar Rp 750 ribu, dan juara ketiga mendapatkan Rp 500 ribu,” jelasnya.

Selain menggelar lomba, PWI Kudus dan Polres Kudus juga menggelar sosialisasi UU ITE dan Pers, serta literasi media. Sosialisasi tersebut bakan digelar pada Senin (20/8/2018) mendatang. Kegiatan itu menjadi puncak rangkaian kegiatan kampanye anti hoaks di bulan kemerdekaan.

”Selain menghadirkan Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning dan Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud NS sebagai narasumber, kami juga menghadirkan Hartatik untuk memaparkan langkah teknis mengenali berita hoaks di media sosial,”pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurming menyambut baik kegiatan tersebut. Menurut Agusman, upaya edukasi kepada masyarakat perlu dilakukan dengan berbagai cara dengan melibatkan banyak pihak.

”Kami menyambut positif saat rekan-rekan wartawan melakukan langkah edukasi melalui lomba menulis surat untuk anak SD serta lomba poster bertemakan anti hoaks. Kami mendukung penuh kegiatan ini. Sudah saatnya kita bekerjasama untuk memberikan edukasi kepada masyarakat,” kata Agusman.

Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.