MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Usulkan Anggaran Rp 7,4 Miliar untuk Revitalisasi Jembatan Penghubung Pati-Jepara ke Pemprov Jateng

0 463

MuriaNewsCom, Pati – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati mengusulkan revitalisasi jembatan perbatasan Desa Clering, Donorojo, Jepara dan Desa Puncel, Dukuhseti, Pati yang terputus ke pemprov Jateng. Tak tanggung-tanggung, anggaran yang diusulkan mencapai Rp 7,4 miliar.

Kepala DPUTR Ahmad Faisal melalui Kasi Jembatan Eny menuturkan, jembatan itu telah ditinjau dan sudah diperbaiki secara darurat. Itu dilakukan supaya memudahkan akses warga khususnya dari Kecamatan Donorojo, Jepara dan Kecamatan Dukuhseti, Pati.

“Sementara kami perbaiki terlebih dahulu secara darurat. Sebelumnya waktu menjelang lebaran juga sudah diperbaiki kayu jembatan yang sudah tak layak. Ke depan rencananya aakn direvitalisasi. Kami sudah mengajukan proposal revitalisasi jembatan itu ke provinsi dengan anggaran Rp 7,4 miliar. Semoga saja bisa segera terealisasikan,” ungkapnya, Rabu (8/8/2018).

Sementara itu, perangkat Desa Puncel, Dukuhseti, Sumarlan menuturkan, jembatan yang putus sudah diperbaiki oleh pemkab. Jika tidak, maka akses warga sulit. Selain itu kapal-kapal tak dapat melintas ke muara. Karena proses revitalisasi jembatan belum tentu, maka diperbaiki sementara dengan mengganti tali jembatan yang terputus.

“Jembatan itu memang sudah tidak layak. Beberapa bagian jembatan sudah lapuk. Setiap tahun hanya dilakukan perbaikan. Waktu lebaran beberapa waktu lalu kayu bagian tengah jembatan sempat diganti. Tapi tak mempengaruhi kekuatan jembatan. Terlebih volume kendaraan terus bertambah,” imbuhnya.

Waktu jembatan terputus, disebabkan karena tidak kuat menahan muatan beban. Terlebih saat itu berlangsung sedekah bumi. Banyak warga yang melintas. Pada saat kejadian ada sekitar 15 warga melintas. Di samping itu, usia jembatan yang mempunyai lebar 1,5 meter itu sudah tak layak. Dibangun sekitar 1994 silam.

Editor : Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.