MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sakral, PNS Pati Kenakan Pakaian Adat saat Upacara Hari Jadi

0 309

MuriaNewsCom, Pati – Dalam peringatan Hari Jadi Kabupaten Pati yang ke-695, seluruh pejabat daerah melakukan upacara di Alun-alun Pati, Selasa (7/8/2018). Tidak seperti biasa, mereka mengenakan pakaian adat Pati, yang merupakan warisan para leluhur.

Tidak hanya itu, dalam pelaksanaan upacara juga melantunkan bahasa jawa yang merupkan bahasa asli. Tak ayal, pelaksanaan upacara pun berlangsung sacral dan kidmat.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, upacara hari ini memang dilangsungkan secara berbada. Semua peserta yang hadir diharuskan untuk membawa pakaian adat, terutama bagi para Organisasi perangkat Daerah (OPD).

“Ini merupakan inovasi kami, agar dalam peringatan Hari Jadi ini, kita benar-benar mengenakan pakaian tradisi,” ujarnya.

Sejumlah pejabat peserta upacara Hari Jadi Kabupaten Pati mengenakan pakaian adat saat mengikuti upacara. (MuriaNewsCom/Cholis Anwar)

Selain itu, dia juga menekankan agar masyarakat Pati maupun daerah lain juga mengetahui pakaian tradisi Pati. Pasalnya, selama ini masih banyak yang belum mengenal pakaian adat tersebut. Sehingga, dengan menggunakan pakaian ini, digarapkan masyarakat semakin mengenal pakaian khas Pati.

“Jadi, Pati itu berbada dengan daerah lain. Selain kita mempunyai berbagai tradisi unik dan masih berkembang sampai sekarang, kita juga mempunyai pakaian dan blangkon khas yang digunakan para leluhur terdahulu,” tegasnya.

Dia berharap, dengan usia Kabupaten Pati yang semakin bertambah, tentunya akan harus ada kemajuan dalam semua sektor. Bahkan, dia juga berjanji akan mengembangkan potensi-potensi yang ada di Pati ini.

“Ini sudah menjadi kewajiban kami untuk memajukan semua sektor yang ada di Pati. Saya bersama pak wakil akan berusaha keras dan semaksimal mungkin untuk menjadikan Pati ini lebih maju,” tandasnya.

 

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.