MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Duh, Musim Kemarau di Kudus Didominasi Musibah Kebakaran

0 205

MuriaNewsCom, Kudus – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus mencatat selama musim kemarau yakni sejak bulan Juli lalu sudah ada sebanyak 27 kejadian bencana alam di Kabupaten Kudus. Dari 27 peristiwa kejadian, yang paling mendominasi yakni musibah kebakaran.

Kepala BPBD Kudus Bergas Catursari Penanggungan mengatakan, dari catatannya ada 27 kejadian kebakaran yang terjadi di Kabupaten Kudus. Kebakaran didominasi oleh kebakaran lahan tebu.

”Adapaun rincian kejadian kebakaran di Kabupaten Kudus selama bulan Juli 2018, di antaranya ada 18 lahan tebu. Kemudian ada lima gudang, tiga bangunan dan pertokoan. Terakhir ada tiga rumah yang mengalami kebakaran,” katanya.

Beruntung dalam kejadian kebakaran selama bulan Juli lalu tidak ada korban jiwa. Hanya saja,  beberapa materi hangus terbakar akibat amukan si jago merah.

”Akibat dari kejadian kebaran ada kurang lebih 16 hektar lahan tebu terbakar selama satu bulan. Kemudian secara material uang, kerugian yang bisa diuangkan mencapai lebih dari satu miliar rupiah,”ujarnya.

Pihaknya berpesan, supaya masyarakat Kudus bisa mengantisipasi tidak terjadi kebakaran. Ada beberapa cara agar terhindar dari musibah kebakaran. Di antaranya senantiasa berhati-hati saat menggunakan api dalam beraktivitas.

Sementara itu disinggung terkait droping air bersih, ia mengaku belum pernah sama sekali melakukan droping air bersih.

“Dampak kemarau lebih pada potensi kebakaran. Sampai saat ini kami masih belum melakukan droping air bersih,” terang Bergas.

Meskipun demikian, pihaknya selalu siaga apabila ada desa yang membutuhkan droping air bersih. Sedikitnya, ada 23 desa yang rawan kekeringan pada musim kemarau tahun ini.

“Desa tersebut tersebar di enam kecamatan di Kudus. Dari semua desa itu belum ada permohonan permintaan air bersih,” papar dia.

Editor: Supriyadi

Hari Kemerdekaan 2018 Pc
United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.