MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sindikat Pembobol 16 Mesin ATM Kepergok Resmob Sragen Saat Beraksi

0 531

MuriaNewsCom, Sragen – Dua orang anggota komplotan penjahat yang telah berkali-kali membobol mesin anjungan tunai mandiri (ATM) berhasil dibekuk Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) Resmob Polres Sragen. Komplotan ini mengincar mesin ATM BRI, dan telah beraksi sebanyak 16 kali di tiga kabupaten.

Dua pembobol ATM yang dibekuk yakni Sugiyono (44) warga Karanganyar, dan Sugiyanto (35) warga Boyolali. Keduanya diketahui sebagai seorang residivis kasus pencurian.

Penangkapan dilakukan saat para pelaku tengah beraksi membobol mesin ATM BRI di depan Toserba Mitra Sragen, di Jalan Raya Sukowati,  Sragen, Jumat (03/8/2018) dinihari. Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman menyebut, tim antibandit yang tengah berpatroli mendapati sebuah mobil Daihatsu Xenia yang diparkir di depan toserba dengan menghadap ke jalan.

”Mobil dan penumpangnya kemudian dipantau gerak-geriknya. Setelah beberapa lama tim mencoba mendekati, di situ diketahui selain satu orang di dalam mobil ada satu orang lain di dalam ATM tengah beraksi,” katanya, Senin (6/8/2018).

Tim langsung bergerak untuk melakukan penangkapan dua orang tersebut. Saat dilakukan penangkapan, pelaku sudah berhasil membobol mesin ATM tersebut, dan mengantongi uang sebesar Rp 1,1 juta.

Dua pelaku dan barang bukti langsung dibawa ke Mapolres Sragen untuk dimintai keterangan. Dari hasil pemeriksaan sementara, para pelaku ternyata telah berkasi membobol sebanyak 16 mesin ATM.

”Mereka beraksi di tiga kabupaten. Di Sragen dua TKP, Sukoharjo 7 TKP dan selebihnya di Karanganyar,” ujarnya.

Sementara Kasat Reskrim Polres Sragen AKP Yuli Monasoni, menyatakan pihaknya saat ini tengah menelusuri jaringan dari pelaku yang sudah tertangkap. Pasalnya ada indikasi bahwa dua pelaku yang tertangkap merupakan jaringan sindikat pembobol ATM yang lebih besar.

Menurutnya, para pelaku juga mengakui sebelum membobol mesin ATM di depan toserba Mitra Sragen, juga telah membobol mesin ATM BRI Lestari Baru Gemolong. Di tempat ini komplotan tersebut berhasil menggasak uang sebesar Rp 7.5 juta.

“Saat ini para tersangka dan barang bukti termasuk mobil yang mereka gunakan dalam beraksi masih kami amankan di mapolres. Kami terus mengembangkan kasus ini,” ujarnya.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.