MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

9 Calon Haji Asal Jateng Meninggal di Tanah Suci, Dimakamkan di Mekkah

0 649

MuriaNewsCom, Boyolali  – Jumlah jemaah calon haji asal Jawa Tengah yang meninggal dunia di Tanah Suci hingga saat ini tercatat sebanyak sembilan orang. Selain itu, satu calon jemaah lain meninggal dunia sebelum diberangkatkan.

Kepala Sub Bagian Humas Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surakarta, Afief Mundzir mengatakan, Berdasarkan data yang diterima sistim Komputerisasi haji terpadu di Embarkasi Surakarta, total calon haji asal embarkasi ini yang meninggal dunia sebanyak 10 orang.

”Sembilan orang meninggal di Tanah Suci dan satu orang meninggal saat masih berada di Tanah Air,” katanya dilansir Antara, Senin (6/8/2018).

Ia menyebut, jemaah haji yang meninggal dunia di Tanah Suci langsung dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Shara’e Mekkah. Sementara yang meninggal dunia sebelum diberangkatkan, diserahkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan di kampung halaman.

Menurutnya data terakhir yang dilaporkan, calon haji yang meninggal yakni Busari Kasihan Nazib (63) warga Rejosari RT 02 RW 01 Lebo Grinsing Kabupaten Batang yang tergabung dengan kloter empat.

Ia meninggal di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekah, pada Sabtu (4/8/2018), karena sakit “cardiovascular diseases”.

Afief juga menyebut, saat ini masih ada tiga calon haji yang tengah dirawat di rumah sakit setelah tiba di Asrama Haji Donohudan. Mereka yakni Mulyoto Cokro Pawiro (52) asal Boyolali tergabung kloter 51, Sudarsini Darsuki Tirto Kliwon (58) asal Pati, dan Rusmini Kasmo Widjojo (63) asal Kota Semarang, keduanya tergabung kloter 69.

“Calhaj Mulyoto dirawat di RSU Dr Moewardi Solo, Sudarsini di RS TNI Angkatan Udara, dan Rusmini di Poliklinik Embarkasi Surakarat di asrama haji Donohudan,” ujarnya.

Menurut dia, calhaj yang dirujuk di rumah sakit karena sakit masih bisa diberangkatkan ke Tanah Suci dengan kloter berikutnya, jika mereka sudah mendapat rekomendasi dari dokter yang merawat.

PPIH Embarksi Surakarta pada Senin hari ini, kata dia memberangkatkan jemaah calon haji dari tiga kloter. Yakni kloter 67 asal Kabupaten Jepara, kemudian kloter 68 yang berisi jemaah dari Jepara dan Kota Semarang, serta kloter 69 asal Kota Semarang.

Rombongan kloter 67 diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, pada pukul 08.35 WIB, kemudian disusul kloter 68 dijadwalkan sekitar pukul 10.35 WIB, dan kloter 69 pukul 13.45 WIB.

“Kami sudah memberangkatkan jemaah haji sebanyak 66 kloter dengan total jemaah, 23.133 orang. Sedangkan sebanyak 3.590 orang sedang persiapan take off menuju Jedah Arab Saudi,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.