MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tangkal Berita Hoax, Ratusan Pelajar di Kudus Dibekali Ilmu Jurnalistik

0 158

MuriaNewsCom, Kudus – Prime Generation Kudus mengadakan pelatihan jurnalistik di ruang serba guna Prime Generation, Sabtu (4/8/2018). Hal itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian Prime Generation kepada pelajar tentang dunia Jurnalistik.

Pelatihan jurnalistik bertemakan “berani menulis, berani berkarya jadilah juara” diikuti ratusan pelajar tingkat SMA/sederajat se- Kabupaten Kudus. Pelatihan Jurnalistik yang disuport PR Sukun itu menghadirkan beberapa narasumber. Di antaranya Drs M Kanzanuddin MPd dari Universitas Muria Kudus dan perwakilan redaksi MuriaNewsCom.

Dalam kegiatannya pelatihan jurnalistik tersebut dibagi menjadi empat sesi. Pelatihan dimulai sejak pukul 09.00 WIB. Setiap sesinya diberikan waktu 90 menit. Dalam satu sesi ada 50 peserta.

Para peserta pelatihan jurnalistik diajarkan trik-trik untuk menulis berita. Baik dari pelatihan jurnalistik dasar, hingga tata cara menulis berita dengan baik.

Pada sesi satu dan dua, pelatihan jurnalistik diisi oleh pemateri Drs M Kanzanuddin MPd dari Universitas Muria Kudus. Pada kesempatan itu, Kanzanuddin mengenalkan apa itu jurnalistik

“Tadi kami sampaikan apa itu pers, media, dan jenis-jenis media. Kami juga mengenalkan produknya termasuk bagaimana cara mencari dan mengolah berita,” terang dosen Universitas Muria Kudus itu, Sabtu (4/8/2018).

Ali Muntoha redaktur MuriaNewsCom saat memapaparkan pelatihan jurnalistik kepada pelajar tingkat SMA/Sederajat se-Kabupaten Kudus di di ruang serba guna Prime Generation, Sabtu (4/8/2018). (MuriaNewsCom/Dian Utoro Aji)

Dengan adanya pelatihan tersebut, pihaknya berharap kedepannya pelatihan jurnalistik bisa diterapkan di sekolah masing-masing.  “Harapan kami mereka bisa membuat media di sekolah mendekati profesional. Tadi ada yang sudah menunjukan hasil tulisannya. Saya rasa itu bagus,”  harapnya.

Seletah sesi satu dan dua,  kemudain sesi tiga dan dan empat diisi pemateri dari redaksi MuriaNewsCom, Ali Muntoha. Pada kesempatan itu, Ali Muntoha memberikan pelatihan tentang dasar jurnalistik. Seperti apa itu jurnalistik,  produk Jurnalistik,  tugas jurnalistik,  dan peran jurnalistik.

“Harapannya para pelajar ini memahami dengan dasar-dasar jurnalistik. Supaya apa yang didapatkan pada pelatihan tersebut bisa diaplikasikan di sekolah-sekolah mereka,” papar dia.

Sementara itu,  Muslimin, penanggung jawab pelatihan mengatakan, pelatihan jurnalistik dilakukan untuk mengenalkan kepada pelajar mengenai dunia nulis menulis. Terutama maraknya berita bohong atau berita hoax di media sosial.

“Ini jadi bentuk kepedulian kami (Prime Generation) terhadap anak-anak sekolah tentang dunia tulis menulis terutama di bidang jurnalistik. Sehingga kedepannya pelajar menulis yang sesuai kaidah jurnalistik. Jangan asal menulis tanpa dasar. Tahu-tahu itu (yang ditulis) hoax,” tegasnya.

Ia mengatakan, pelatihan jurnalistik tersebut peserta sangat antusias. Dikatakan dia,  sebelumnya kuota pelaajar hanya 150 pelajar. Namun pada pelaksanaannya hingga mencapai 200 peserta.

“Anak-anak banyak yang respon.  Mereka ternyata sudah memiliki karya. Tadi ada yang sudah menulis puisi. Itu rasa sangat bagus bagi pelajar, “pungkasnya.

Editor: Supriyadi

Hari Kemerdekaan 2018 Pc
United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.