MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

14 Ribu Warga Asing Nyari Uang di Jateng, Paling Banyak dari Tiongkok

0 1.068

MuriaNewsCom, Semarang – Jawa Tengah ternyata begitu menarik sebagai ladang pekerjaan bagi warga negara asing (WNA). Buktinya, dalam satu semester tahun ini, jumlah tenaga kerja asing (TKA) yang membanjiri provinsi ini melonjak tajam.

Jika pada akhir tahun 2017, jumlah TKA yang berada di Jateng tercatat hanya sebanyak 2.119 orang, jumlah itu melonjak tajam pada semester pertama tahun 2018.

“Semester pertama 2018 jumlah TKA melonjak menjadi 14.148 orang. Mereka bekerja di berbagai sektor,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsnakertrans) Jawa Tengah, Wika Bintang kepada wartawan.

Ia menyebut, jumlah TKA yang berada di Jateng didominasi warga Tiongkok. Jumlahnya mencapai 4.219 orang. Kemudian disusul TKA dari Jepang sebanyak 1.744 orang, Korea Selatan (1.598 orang), India (1.430 orang), Filipina (612 orang).

Ada juga TKA dari Amerika Serikat (542 orang), Malaysia (529 orang), Australia (295 orang), Inggris (283 orang), Singapura (258 orang), dan TKA dari berbagai negara sebanyak 2.638 orang.

Wika menyebut, lonjakan jumlah pekerja asing di Jateng di satu sisi menunjukkan dampak postif. Yakni menunjukkan investasi di Jateng berkembang pesat. Namun di sisi lain, keberadaan TKA ini harus tetap diawasi ketat.

“Di satu sisi bagus, banyak investasi masuk, namun kami berharap nantinya ada alih teknologi ke tenaga kerja kita. Karena dalam aturanya setiap TKA harus ada yang mendampingi dari tenaga kerja lokal,” ujarnya.

Baca : Pekerja Asing di Jateng Tak Bisa Bahasa Indonesia Langsung Dideportasi

Ia berharap para TKA yang berada di Jateng tersebut sudah memiliki dokumen lengkap terkait dengan surat izin kerja.

Oleh karenanya, jajarannya akan mengecek langsung untuk memastikan semua TKA di Jateng sudah memenuhi semua persyaratan yang sudah ditentukan.

“Kami sedang mencoba mencari TKA ini dimana karena data jumlah TKA itukan online, izin awal ada di pemerintah pusat,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

Hari Kemerdekaan 2018 Pc
United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.