MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pelantikan Ganjar-Yasin Segera Dirumuskan DPRD Jateng

0 411

MuriaNewsCom, Semarang – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah memastikan akan bergerak cepat untuk merumuskan pelantikan gubernur dan wakil gubernur Jateng terpilih Ganjar Pranowo-Taj Yasin.

Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi menyatakan pimpinan dewan akan segera menggelar rapat untuk persiapan pelantikan.

“Dalam waktu dekat, kami akan menggelar rapat pimpinan untuk meminta Badan Musyawarah mengagendakan acara pelantikan gubernur-wakil gubernur terpilih,” kata Rukma, Jumat (27/7/2018).

Rukma memastikan, pihaknya telah menerima berita acara hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilgub Jateng 2018 dari KPU Jateng. Sehingga pihaknya akan bergerak cepat untuk merumuskan pelantikan, dan mengajukan pelantikan ke presiden melalui Mendagri.

Sebelumnya KPU Jateng menetapkan pasangan nomor satu Ganjar Pranowo-Taj Yasin sebagai pemenang Pilgub Jateng 2018. Penetapan pemenang dilakukan dalam sidang pleno yang digelar KPU Jateng, Selasa (24/7/2018).

Ganjar-Yasin ditetapkan sebagai pemenang dengan perolehan suara sebanyak 10.362.694 suara atau 58,78 persen. Sedangkan pasangan Sudirman-Ida mendapatkan 7.267.993 suara atau 41,22 persen.

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo menyebut, tahapan ini menjadi akhir pelaksanaan Pilgub Jateng. Hasilnya akan diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri dan DPRD Jawa Tengah.

Proses berikutnya DPRD Jawa Tengah akan mengirimkan usulan pelantikan kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri. Setelah itu menjadi kewenangan Kementerian Dalam Negeri kapan akan melakukan pelantikan.

Namun sesuai jadwal, pelantikan akan dilangsung pada 17 September 2018 mendatang, mendekati masa periode Ganjar-Heru Sudjatmoko habis.

Joko Purnomo mengatakan ada peningkatan partisipasi pemilih yang cukup banyak pada pilgub kali ini. Pada 2013 tercatat presentase pemilih yakni 56,15% dan pada 2018 naik menjadi 73,2 % pemilih.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.