MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Memeden Gadu, Festival Budaya yang Selalu Ditunggu Petani Jepara Usai Panen

0 452

MuriaNewsCom, Jepara – Sebagai rasa syukur usai panen padi yang hampir bersamaan, petani Desa Kepuk, Kecamatan Bangsri, Jepara kembali menggelar Festival Memeden Gadu Jumat (13/7/2018) malam hingga Senin (16/7/2018) besok di lapangan Desa Kepuk.

Acara yang rutin diadakan setiap tahun tersebut bertujuan untuk merayakan atas keberhasilan panen padi petani setempat. Tak hanya ditunggu-tunggu oleh para petani saja, namun festival memeden gadu juga selalu ditunggu warga sekitar Bangsri dan Jepara.

Berbagai macam kesenian dan atraksi budaya para petani ditampilkan pada saat pembukaan festival malam tadi. Orang-orangan sawah yang dibuat dari jerami juga banyak ditampilkan. Tak hanya itu, kesenian perkusi yang dimainkan anak-anak membuat anak-anak berlomba-lomba lebih kreatif.

Pada opening seremony, dibuka dengan memantasan tari kolosal Memeden Gadu, yang dimainkan oleh masayarakat Desa Kepuk. Kemudian dilanjutkan dengan pementasan Emprak Sidomukti.

Tidak hanya kelompok remaja dan anak-anak yang terlibat, kelompok orang tua juga ikut serta dalam pementasan. Inilah yang membedakan kesenian ini, dengan kesenian lainnya di Jepara.

Petinggi Desa Kepuk, Nasuka mengatakan Festival Memeden Gadu ini adalah yang ke-9 dilaksanakan masyarakat Desa Kepuk. Kegiatan ini, sekaligus untuk mempertahankan budaya lokal masyarakat, yang sebagian besar bekerja sebagi petani.

Tahun ini, masyarakat lebih kreatif. Karena banyak karya dibuat dari bahan dasar jerami. Tidak hanya terpaku pada orang-orangan sawah, mereka juga membuat dua buah Gadu  raksasa lengkap dengan bajak sawahnya. Selain itu juga burung dan kerbau raksasa menjadi perhatian warga.

Menurutnya, sebagai puncak acara yaitu, kirab tumpeng raksasa yang dilaksanakan pada Senin (16/7/2018) siang. Saat inilah yang ditunggu-tunggu oleh para wisatawan di Jepara,  untuk melihat lebih dekat Festival Memeden Gadu.

Mewakili Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, Kabid Kebudayaan Disparbud Jepara Agus Nur Slamet memberikan apresiasi kepada semua yang terlibat dalam penyelenggaran Festival Memeden Gadu tahun ini.

Kesenian ini bisa terus dikembangkan, dengan inovasi baru. “Jadikan momentum memeden Gadu ini, untuk mengembangkan kesenian dan kebudayaan. Agar lebih dikenal oleh masyarakat luas,” katanya.

Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.