MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

SMA 3 Semarang Tetap Dibanjiri Siswa Berprestasi, 6 Pendaftar Ber-SKTM Mundur

0 523

MuriaNewsCom, Semarang – Dalam proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMA/SMK Jateng 2018, SMAN 3 Semarang tetap dibanjiri pendaftar dari kalangan siswa berprestasi. Siswa yang nilainya sedang tampaknya berpikir dua kali untuk berani mendaftar di sekolah ini.

Bahkan sejumlah siswa yang sebelumnya nekat menggunakan surat keterangan tidak mampu (SKTM) yang diduga palsu, agar bisa diterima langsung mengundurkan diri.

Ketua PPDB SMA Negeri 3 Semarang, Maskur menyatakan ada enam pendaftar ber-SKTM yang mengundurkan diri. “Dari hasil verifikasi memang pengajuan SKTM mereka tidak pas, tapi sebelum itu mereka sudah mengundurkan diri,” katanya.

Ia menyebut, pendaftar di sekolah ini memang didominasi jalur siswa berprestasi. Kuota yang disediakan sebanyak 384 kursi, dan pendaftar dari jalur berprestasi mencapai 70-80 persen.

”Yang mendaftar jalur berprestasi sebanyak 213 calon siswa. Dan 143 di antaranya langsung diterima, lantaran berprestasi juara satu nasional dan juara satu, dua, tiga dalam kejuaraan internasional,” katanya.

Ia menyebut, untuk calon siswa dari keluarga tidak mampu menurut dia terdapat 67 orang, anak guru 3 orang serta domisili alasan khusus sebanyak 38 siswa.

Ia juga menyebut, selama proses pendaftaran ulang, sempat ada orangtua siswa yang protes karena anaknya tidak diterima. Alasannya nilai anaknya lebih tinggi daripada yang diterima.

“Lalu kami menjelaskan ada siswa yang menggunakan SKTM dan jadi prioritas, akhirnya setelah kami jelaskan, bapak itu paham sistem saat ini,” ujarnya.

Salah satu siswa yang diterima di SMAN 3 Semarang melalui jalur prestasi yakni Jshua Adi Poernomo. Ia langsung diterima lantaran berhasil menjuarai lomba tingkat internasional di Singapura.

”Saya diterima melalui jalur prestasi, yakni juara satu cherleader di Singapura. Sekolahan ini adalah sekolah favorit impian saya,’’ kata lulusan SMP Negeri 21 Semarang ini.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.