MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Siap-siap, Koperasi Tak Sehat di Pati Bakal Ditindak

0 244

MuriaNewsCom, Pati – Dalam rangka memperingati hari koperasi yang ke-71, para pelaku usaha koperasi Kabupaten Pati diminta untuk menjaga amanah luhur pembentukan koperasi. Mengingat, koperasi menjadi ujung tombak masyarakat dalam pengembangan usaha.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, mulai potensi ekonomi masyarakat di Kabupaten Pati ini sangat banyak sekali. Ada potensi pertanian, perikanan, UMKM dan lain sebagainya. Tentu, mereka juga membutuhkan adanya koperasi untuk mengembangkan usahanya tersebut.

“Mungkin ada sedikit koperasi yang bermasalah, tetapi kami harap itu bisa diselesaikan dan tidak berpengaruh terhadap koperasi yang lain,” ujarnya saat memberikan pidato dalam upacara Hari Koperasi yang ke-71 di Alun-Alun Pati, Kamis (12/7/2018).

Bahkan, dia mengaku akan menindak tegas koperasi yang tidak memenuhi standar operasional. Sebab, selain merugikan nasabah, koperasi yang bermasalah juga sangat merugikan masyarakat.

“Kami mengadakan upacara hari koperasi di sore hari ini, biyar masyarakat tahu bahwa gerakan koperasi di Pati masih eksis. Kami juga mengingatkan agar pegiat koperasi bangkit dan memberikan manfaat kepada masyarakat,” imbuhnya.

Untuk meminimalkan adanya koperasi yang bermasalah, pihaknya juga mengaku akan memberikan pembinaan kepada pelaku koperasi agar sesuai dengan prosedur yang ada. Terutama agar koperasi juga bisa mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sebagai bukti bahwa koperasi itu masih tetap eksis.

“RAT itu tidak hanya sekedar datang kemudian mendapat sangu. Tetapi RAT itu merupakan bagian dari pada kemajuan koperasi itu sendiri. Karena disitu ada laporan keuangan. Sehingga, kalau koperasi itu bagus, pasti berani RAT. Kalau tidak berani RAT, itu sudah beranda bahwa koperasi tersebut tidak sehat,” tandasnya

Editor : Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.