MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kekeringan, BPBD Pati Mulai Salurkan Air Bersih

0 234

MuriaNewsCom, Pati – Badan Penanggulangan Dencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati mulai memberikan bantuan  air bersih bagi desa yang sudah terdampak kekeringan, yakni di Desa Lumbungmas, Kecamatan Pucakwangi, Pati, Kamis (12/7/2018).

Ketika mobil tangki datang, warga setempat langsung berbondong-bondong mendatangi loksi. Masing-masing dari mereka ada yang membawa ember, gembes dan jun untuk diantrikan agar mendapatkan air bersih tersebut.

Akan tetapi, pihak BPBD berusaha untuk memeratakan bantuan air tersebut, agar warga sekitar bisa kebagihan.

Kepala BPBD Pati Sanusi Siswoyo mengatakan, bantuan air besih tersebut untuk membantu masyarakat yang terdampak kekeringan, terutama di Desa Lumbungmas. Mengingat, desa tersebut saat ini memang sedang kekurangan air bersih.

“kami harap, bantuan air bersih ini bisa bermanfaat bagi warga sekitar, terutama yang memang benar-benar terdampak kekeringan,” ungkapnya, Kamis (12/7/2018).

Sebelumnya, Sanusi juga menjelaskan, setidaknya ada 82 desa dari 10 kecamatan yang dipetakan sebagai desa rawan kekeringan. Diantara 10 kecamatan itu seperti Kecamatan Gabus, Winong, Pucakwangi, Kayen, Sukolilo, Jakenan, Jaken, Tambakromo, Batangan, dan Margorejo. Namun jika kemarau cukup panjang bukan tidak mungkin bisa meluas.

Meski begitu pihaknya akan tetap menyiagakan posko bencana maupun berkoordinasi dengan kepala desa yang rawan kekeringan.

“Berbagai langkah upaya di internal pun telah kami lakukan. Seperti di Kantor BPBD sendiri sekarang ini telah dibangun tandon air sehingga bisa digunakan untuk menyimpan dan menyalurkan bilamana dibutuhkan air bersih,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.