MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ternyata, Daun Kelor Bisa Diolah Menjadi Bubur Sehat

0 441

MuriaNewsCom, Pati – Daun Kelor yang banyak tumbuh di pekarangan rumah maupun di pinggir-pinggir jalan, ternyata juga bisa di olah menjadi bubur yang menyehatkan. Bahkan, rasanya juga lebih enak. Hanya, warnanya lebih hijau.

Muryati, salah satu produsen olahan daun kelor mengatakan, dirinya terinspirasi membuat bubur kelor lantaran melihat begitu besar manfaat tanaman berjenis sayur tersebut. Bahkan daun kelor diakui memiliki kandungan antioksidan dan vitamin didalamnya.

“Namun biasanya anak-anak itu tidak suka kalau langsung makan sayur secara langsung. Namun kalau diolah jadi bubur seperti ini, anak-anak akan lebih menyenanginya dan lebih bergizi pastinya. Apalagi bahan-bahannya berdasar dari buah-buahan dan sayuran yang sehat,”terangnya, Kamis (12/7/2018).

Proses pembuatannya pun relatif mudah. Yakni daun kelor dicuci bersih kemudian dihaluskan untuk diambil sarinya. Dari sari daun kelor itulah yang nantinya direbus untuk menjadi tepung dan dimasak hingga berbentuk menjadi bubur.

“Barulah setelah itu nanti tinggal ditambahkan dengan nangka, pisang kepoh, dan kelapa,”imbuhnya.

Selain dibuat untuk bubur sehat, kelor juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan lainnya. Seperti mie, teh maupun sedap dibuat sayur. Olahan kelor itupun tentu akan meningkatkan nilai ekonomi tanaman yang mudah dibudidayakan tersebut.

“Biasanya untuk kelor hanya dibuang-buang saja. Dianggap tanaman liar. Tentu ini disayangkan karena bisa diolah untuk menjadi makanan bernilai gizi tinggi,” tandasnya.

Editor : Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.