MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ratusan Nelayan Juwana Ikut Pelatihan Dasar Keselamatan

0 269

MuriaNewsCom, Pati – Ratusan nelayan di Juwana mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan dasar keselamatan atau Basic Safety Training (BST). Kegiatan Diklat yang diselenggarakan oleh Lembaga Kelautan dan Perikanan Indonesia (LKPI) Jateng bersama Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang itu, bertujuan untuk mengurangi resiko kecelakaan dalam pelaksanaan kegiatan di laut.

Direktur Eksekutif Lembaga Kelautan dan Perikanan Indonesia (LKPI) Ayub Faidiban mengatakan, pelatihan BST ini akan sanat bermanfaat bagi para nelayan. Mengingat, setiap harinya mereka berada di laut, sehingga teknik peyelamatan diri untuk menghindari kecelakaan laut, tentunya sangat penting.

Selain itu, para nelayan yang mengikuti diklat tersebut, juga akan mendapatkan buku pelaut sebagai dokumen resmi untuk melaut. Lebih lanjut, buku tersebut juga merupakan sertifikat bukti layak melaut bagi para nelayan.

“Ini merupakan program dari pemerintah pusat untuk meminimalkan adanya kecelakaan dalam melaut. Nantinya, ada juga tim ahli yang akan menjelaskan metode-metode serta cra agar mahir dalam melaut,” ungkapnya, Selasa (10/7/2018).

Diklat yang diadakan di Balai Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana, Pati itu akan berlangsung selama tiga hari, yakni dibuka mulai senin (9/7/2018) dan berakhir pada Rabu (11/7/2018).

Dia berharap, para nelayan bisa lebih proaktif, mengingat kegiatan itu adalah untuk menjaga keselamatannya masing-masing. Terlebih, keselamatn hal yang sangat penting untuk menjalankan pekerjaan. Apabila terjadi kecelakaan laut, tentunya juga akan menghawatirkan diri maupun keluarga.

“Dengan bekal ini, kami harap tidak ada lagi para nelayan yang mengalami kecelakaan. Meskipun kecelakaan itu tidak bisa di prediksi, tetapi setidaknya itu bisa diantisipasi terlebih dahulu,” tandasnya.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.