MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Puluhan Pusaka Keramat Desa Mojoagung Pati Diarak

0 1.448

MuriaNewsCom, Pati- Ribuan warga Desa Mojoagung, Kecamatan Trangkil, Pati, mengarak puluhan pusaka keramat milik desa setempat. Dipercaya, kirab pusaka itu merupakan ritual tahunan untuk menjaga ketentraman dan kemakmuran desa.

Pusaka yang diarak antara lain keris, tombak, pedang,payung kencanma dan lain sebagainya.

Kepala Desa Mojoagung, Sri Mukti Rahayu mengatakan, kirab pusaka ini merupakan tradisi turun temurun yang sampai saat ini masih dilanjutkan. Selain itu juga untuk menunjukkan rasa syukur atas karunia serta nikmat Tuhan yang diberikan kepada semua masyarakat.

“Untuk pelaksanaanya sendiri, kami berpedoman dengan kalender Jawa, yakni bulan Apit dan pada hari Selasa Legi. Pusaka keramat akan diarak mulai dari tempat penyimpanan, yakni di rumah kepala desa hingga ke Punden Mojoagung,” ungkapnya, Selasa (10/7/2018).

Lebih lanjut, sesampainya di punden, berbagai ritual untuk penyambutan pusaka juga dihadirkan. Ada pula pagelaran wayang kulit, sebagai persembahan kepada empunya desa. Usai dari punden, pusaka kemudian diarak lagi hingga ke tempat penyimpanan semula.

“Selama prosesi kirab ini, seluruh perangkat desa maupun tetua adat, bersama-sama mengarak keliling desa,” imbhnya.

Selain itu, dari puluhan pusaka tersebut, menurutnya ada beberapa pusaka yang tidak boleh disebutkan namanya. Lantaran itu menjadi rahasia yang tidak boleh dikatakan kepada siapapun.

Hanya, bagi masyarakat yang mempercayai adanya pusaka keramat Mojoagung tersebut, kirab pusaka ini menjadi ritual yang tidak bisa ditinggalkan.

“Memang, kepercayaan masyarakat kami terhadap tradisi masih sangat kuat. Bahkan, dalam setiap upacara kirab pusaka, mereka dengan senang hati menghadirkan berbagai gunugan dan kesenian tradisi untuk ikut mengiringi kirab pusaka tersebut,” tandasnya.

Dia berharap, dengan adanya kirab pusaka tersebut, ke depan kondisi masyarakat semakin tentram, penghasilan semakin melimpah dan Desa Mojoagung menjadi desa yang gemah ripah loh jinawi.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.