MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Puluhan Desa di Pati Rawan Kekeringan

0 240

MuriaNewsCom, Pati- Memasuki musim kemarau tahun ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati mulai melakukan pemantauan di sejumlah desa. Mengingat, pada tahun lalu, ada banyak desa yang mengalami kekeringan hingga kekurangan air bersih.

Berdasarkan data yang diperoleh dari BPBD, setidaknya ada 82 desa dari 10 kecamatan yang dipetakan sebagai desa rawan kekeringan.

“Di antara 10 kecamatan itu seperti Kecamatan Gabus, Winong, Pucakwangi, Kayen, Sukolilo, Jakenan, Jaken, Tambakromo, Batangan, dan Margorejo. Namun jika kemarau cukup panjang bukan tidak mungkin bisa meluas,” ujar Kepala BPBD Pati, Sanusi Siswoyo, Selasa (10/7/2018).

Sampai saat ini pihaknya masih memantau kondisi cuaca. Selain itu, pihaknya juga masih terus berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk memastikan hal tersebut.

“Hasil koordinasi dengan BMKG potensi terjadinya kekeringan memang ada kemungkinan terjadi. Yakni diperkirakan terjadi di bulan Agustus hingga Oktober mendatang ini,” terangnya,

Namun hingga sekarang ini diakuinya pihaknya belum mendapatkan laporan adanya desa yang sudah membutuhkan air bersih. Meski begitu pihaknya akan tetap menyiagakan posko bencana maupun berkoordinasi dengan kepala desa yang rawan kekeringan.

“Berbagai langkah upaya di internal pun telah kami lakukan. Seperti di Kantor BPBD sendiri sekarang ini telah dibangun tandon air, sehingga bisa digunakan untuk menyimpan dan menyalurkan bilamana dibutuhkan air bersih,” terangnya.

Tak hanya itu, BPBD Kabupaten Pati sekarang juga telah memiliki dua kendaraan tangki sehingga bisa digunakan untuk pengiriman air bersih di daerah-daerah terdampak kekeringan. Selain BPBD untuk Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pati juga memiliki dua unit tangki.

“Di beberapa desa juga ada yang diberikan bantuan dari BBWS yakni pembuatan sumur patek,” tandasnya.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.