MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Warga di Jepara Diminta Tak Takut Awasi Proyek Pembangunan di Desanya

0 222

MuriaNewsCom, Jepara – Seluruh warga desa yang ada di Jepara diminta untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan desanya. Bahkan setiap warga juga berhak untuk melakukan pengawasan terhadap pembangunan desa melalui Dana Desa.

Hal tersebut diungkapkan Staf Ahli Bidang Pembangunan, Kemasyarakatan, dan SDM Setda Jepara, Fadkurrozi saat membuka sosialisasi UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di Gedung Shima komplek Setda Jepara, Selasa (10/7/2018).

Sosialisasi ini diikuti para sekretaris Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), camat, dan para petinggi desa di Kabupaten Jepara.

Menurut Fadzkurrozi, salah satu daya tarik pemanfaatan UU KIP sebagai jembatan partisipasi pembangunan di desa adalah terkait tingginya anggaran desa. Derasnya arus uang ke desa melalui Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD), membuat pemerintah desa bisa menjadi tempat mengajukan permohonan informasi publik.

“Baik oleh LSM maupun warga, UU KIP bisa menjadi jembatan untuk berpartisipasi melakukan pengawasan pembangunan desa,” katanya.

Karena itulah, pemerintah desa harus memahami tentang  keterbukaan informasi publik. Jangan sampai ketika ada permintaan informasi, justru gagap dalam memberi pelayanan.

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi mengatakan, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP), adalah jembatan bagi warga desa untuk berpartisipasi dalam pembangunan desanya.

Setiap elemen warga juga bisa melakukan pengawasan dengan memanfaatkan undang-undang ini.

Kepada para Pimpinan OPD, bupati meminta agar UU  KIP dijadikan sebagai sarana untuk membuktikan bahwa selama ini telah menyelenggarakan pemerintahan yang transparan dan akuntabel. Dia juga meminta sosialisasi ini terus diintensifkan agar semakin dipahami.

“Seluruh masyarakat desa saya minta untuk ikut mengawasi dana desa ini agar pembangunan desa dapat dilaksanakan secara optimal dan desanya semakin maju dan sejahtera,” jelasnya.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.