MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bupati Pati Bakal Evaluasi Sistem Zonasi PPDB SMP

0 319

MuriaNewsCom, Pati – Bupati Pati Haryanto menyatakan akan mengevaluasi sistem zonasi dalam Peneriaan Peserta Didik Baru (PPDB) di tingkat SMP. Mengingat, sejauh ini masih banyak SMP negeri yang kuota siswanya belum terpenuhi.

“Kewenangan kami memang di SMP. Kami akan terus mengevaluasi sitem zonasi tersebut agar ke depannya lebih baik,” ungkapnya, Senin (9/7/2018).

Dia mengaku, selama ini dalam proses PPDP untuk SMP, tidak ada masalah. Hanya, untuk calon siswa yang ada di pinggiran, tidak bisa masuk ke kota. Itu dikarenakan adanya sistem zonasi yang membatasi calon peserta yang ada di pinggiran, tidak bisa masuk ke SMP perkotaan.

“Selama ini tidak ada masalah. Paling-paling yang dikeluhkan pihak sekolah kan hanya kekurangan siswa. Tetapi, kemarin saya juga sudah meminta Disdikbud Pati untuk  memperpanjang jadwal pendaftaran,” ujarnya.

Sementara ketika ditanya tentang penerbitan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang baru-baru ini banyak disalahgunakan untuk  proses pendaftaran PPDB, dia mengaku tidak ingin mengintervensi. Mengingat, ibu bukan wilayahnya.

“Kalau yang jadi persoalan saat ini kan SMA/SMK. Nah, masalah itu bukan menjadi kewenangan saya. Yang menerbitkan SKTM itu juga bukan pemda, tetapi ada di masing-masing desa,” terangnya.

Baca juga : 

Dia juga mengimbau agar warga yang kondisi ekonominya mampu, jangan sampai membuat SKTM, apalagi untuk mendaftarkan anaknya sekolah. Selain itu, dia juga meminta agar pihak sekolah meneliti dan memverifikasi terlebih dahulu data calon siswa yang masuk, terutama yang menggunakan SKTM.

“Kalau memang yang bersangkutan tidak berhak mengunakan SKTM, maka biar ditangani pihak yang berwenang. Kalau mereka coba-coba masuk (PPDB) dengan menggunakan data yang tidak akurat, nantinya pasti akan diteliti,” tandasnya.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.