MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pendaftaran Caleg di KPU Jepara Masih Sepi

0 485

MuriaNewsCom, Jepara – Pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) di Kabupaten Jepara hingga Senin (9/7/2018) masih sepi. Padahal pendaftaran caleg di KPU Jepara sudah dibuka dari Rabu (4/7 2018 ) lalu.

Anggota KPU  Jepara Muntoko mengatakan, selama enam hari sejak dibukanya pendaftaran caleg untuk DPRD Jepara periode 2019-2024 tersebut, hingga kini belum ada yang mendaftar dari partai manapun.

“Sampai saat ini belum ada yang mendaftar dari partai manapun. Pendaftaran sudah dibuka sejak 4 hingga 17 Juli 2018. Untuk tanggal 4- 16 Juli pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB,” terangnya.

Sedangkan untuk hari terakhir di tanggal 17 Juli 2018, tambah Muntoko, pendaftaran dari pukul 08.00 WIB hingga 24.00 WIB.

“Saya berharap dan mengimbau kepada partai politik untuk mendaftar di awal-awal bukan di detik terakhir. Sehingga jika berkas pencalonan belum lengkap masih ada waktu untuk melengkapinya,” katanya.

Menurutnya sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan informasi dari Parpol terkait kapan akan melakukan pendaftaran calon legislatif 2019 tersebut.

“Kami berusaha menjalin komunikasi untuk tidak mendaftar di detik terakhir untuk antisipasi kelengkapan berkas. Meski demikian untuk mengantisipasi terjadinya pendaftaran yang berbarengan, kami persiapkan 32 staf untuk menerima pendaftaran yang bersamaan,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk pendaftaran caleg tersebut ada dua persyaratan yang harus dipenuhi. Yaitu syarat pencalonan dan syarat calon.

“Jika ada berkas yang kurang pada saat menyerahkan berkas syarat pencalonan, kami kembalikan langsung untuk segera diperbaiki dan jika sudah lengkap baru kami berikan tanda terima penyerahan berkas. Namun jika yang belum lengkap itu syarat calon maka akan ada waktu untuk masa perbaikan,” terangnya.

Muntoko mengingatkan kepada parpol untuk benar-benar mempelajari undang-undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 agar kelengkapan berkas dapat langsung diterima dan sah.

“Dalam undang-undang tersebut juga menjelaskan tentang syarat 30 persen keterwakilan perempuan sebagai caleg di masing-masing dapil dan setiap tiga nomor urut harus ada satu wakil perempuan sebagai caleg,” katanya.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.