MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ada 6 Segel Kotak Suara Pilbup Kudus Rusak, PPK dan Panwas Jekulo Saling Serang

0 728

MuriaNewsCom, Kudus – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Jekulo menemukan enam segel kotak suara Pilbup Kudus rusak pada Jumat (29/6/2018) lalu. Panwas menuding pembukaan segel tersebut tanpa sepengetahuan panwascam.

Ketua Panwascam Jekulo Muh Sofyan Hadi mengatakan, kerusakan segel gembok kotak suara ini diketahui saat rekapitulasi hasil suara pilkada hari kedua di aula UPT Pendidikan Kecamatan Jekulo.

“Kami menerima informasi dari teman apabila terjadi buka segel kunci kotak surat suara tanpa sepengetahuan Panwascam Jekulo,” kata Sofyan.

Laporan itu menurut dia, langsung ditindaklanjuti dengan melakukan pemeriksaan. Hasilnya ditemukan enam kunci kotak suara tak bersegel atau segelnya rusak.

“Yaitu TPS 1 Bulungcangkring, TPS 11 Bulungcangkring, TPS 15 Honggosoco, TPS 21 Hadipolo, TPS 11 Honggosoco dan TPS 14 Jekulo,” tuturnya.

Ia mengatakan,  kotak suara tersebut posisinya di pinggir lorong tumpukan. Sehingga itu mudah diperiksa.  “Kita tidak sampai melakukan pemeriksaan baris kedua karena kerepotan untuk mengangkat atau bongkar-bongkar,” tambah dia.

Padahal jika sesuai aturan di PKPU Nom0r 8 Tahun 201, kotak berisi surat suara harus terkunci dan kuncinya disegel.

Sementara itu,  Ketua KPU Kudus Moh Khanafi mengatakan pihaknya telah mengecek adanya temuan enam kotak suara yang tak bersegel tersebut. Dikatakan dia enam kotak tersebut sudah direkap manual. “Enam kotak suara itu sudah direkap manual,” kata Khanafi.

Ketua PPK Jekulo Muhammad Sholikul Huda (kiri) saat memberi keterangan terakit segel kotak suara rusak, Senin (2/7/2018). (MuriaNewsCom/Dian Utoro Aji)

Temuan Panwascam Jekulo ini berbuntut panjang. Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Jekulo merasa gerah dengan sikap Panwascam yang langsung membuat press rilis mengenai temuan tersebut, sebelum melakukan konfirmasi ke PPK.

Dampaknya, PPK Jekulo, Senin (2/7/2018) hari ini melaporkan ketua Panwascam Jekulo ke Panwaskab Kudus. Ketua PPK Jekulo, Muhammad Sholikul Hadi mengatakan, pihaknya merasa dirugikan dan tersudutkan dengan langkah ketua Panwascam Jekulo tersebut.

Menurut dia, semua proses pemungutan, rekapitulasi hingga penyimpanan logistik pemilu sudah sesuai dengan aturan.

Ia menyebut, pada saat rapat pleno terbuka rekapitulasi di tingkat PPK, sesuai aturan PKPU Nomor 9 Tahun 2018 PPK berhak membuka kotak suara guna mengambil dokumen C dan C1 berhologram serta C1 Plano berhologram yang disaksikan oleh Panwascam dan saksi masing-masing paslon.

“Jika terdapat keberatan saksi atau panwas dapat menyampaikan keberatan dan menulis di formulir DA.2 KWK dan dilakukan pembetulan,” jelas dia.

Dalam proses rekapitulasi yang dilakukan selama tiga hari itu menurut dia, sudah sesuai aturan dan dihadiri PPS, saksi serta panwas. Dan saat itu menurut dia tidak ada keberatan dari pihak panwas.

“Kami menyayangkan, yang secara sepihak dan tidak mengklarifikasi atau tabayyun kepada kami. Sehinga menimbulkan presepsi yang kurang baik kepada masyarakat terhadap penyelenggaraan pilkada, ” ungkap dia.

Ia mengatakan, persoalan enam segel yang rusak bisa saja terjadi. Hal itu dikatakan dia bisa saja saat pengembalian logistik dari KPPS ke desa, karena gesekan antarkotak atau kelalaian KPPS yang lupa.

“Seharusnya, jika KPPS lupa menyegel hal itu bisa langsung diingatkan seketika oleh Panwas TPS atau PPD,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.