Jumat, 29 Maret 2024

Meningkat 15 Persen, Angka Partisipasi Pemilih di Grobogan pada Pilgub Belum Capai Target

Dani Agus
Jumat, 29 Juni 2018 20:38:32
Penghuni ruang tahanan Polres Grobogan dapat kesempatan untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pilgub 2018, Rabu (27/6/2018). (MuriaNewsCom/Dani Agus)
Murianews, Grobogan - Angka partisipasi pemilih di Grobogan pada pelaksanaan Pilgub 2018 memang mengalami peningkatan dibandingkan edisi sebelumnya. Meski demikian, kenaikan partisipasi pemilik belum mencapai target yang ditetapkan.

Berdasarkan data Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Grobogan tercatat jumlah pemilih sebanyak 1.079.638 orang. Rekap sementara dari hasil scan data C1 yang dilakukan KPU Grobogan jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya ada 645.549 orang.

“Jika diprosentase, pengguna hak pilih ini berkisar 59,79 persen. Untuk target yang ditetapkan sebesar 70 persen,” kata Ketua KPU Grobogan Afrosin Arif, Kamis (28/7/2018).

Menurut Afrosin, meski gagal mencapai target, namun angka partisipasi pemilih pada Pilgub 2018 ini dinilai cukup bagus dibandingkan edisi sebelumnya. Pada Pilgub 2008 lalu, angka partisipasi pemilih hanya 50,7 persen. Kemudian, pada Pilgub 2013, angka pastisipasi pemilih turun jadi 45,78 persen.

“Target 70 persen memang tidak tercapai. Tapi angka partisipasi pemilih Pigub kali ini lebih meningkat dibandingkan dua edisi Pilgub sebelumnya,” jelasnya.

Pihaknya memberikan apresiasi pada panitia ditingkat Kecamatan maupun Desa/Kelurahan dan berbagai elemen masyrakat yang sudah bekerja dan memberikan dukungan secara maksimal untuk mendongkrak angka partisipasi pemilih itu.

Sementara itu, dari penelusuran di lapangan, ada beberapa penyebab masih banyaknya warga yang tidak menggunakan hak pilihnya. Antara lain, pelaksanaan coblosan berbarengan dengan masa panen padi di beberapa tempat. Kondisi ini menyebabkan banyak pemilih tidak berangkan ke TPS.

Kemudian, pelaksanaan coblosan yang dilakukan 10 hari setelah Lebaran juga punya dampak. Soalnya, banyak pemilih dari kalangan perantau yang sudah kembali lagi ke tempat kerjanya di Jakarta dan kota besar lainnya.

Editor: Supriyadi

Baca Juga

Komentar