MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Gandeng Stakeholder, KPU Grobogan Optimistis Partisipasi Pemilih Pilgub Naik

0 333

MuriaNewsCom, Grobogan – KPU Grobogan merasa optimis jika angka partisipasi pemilih pada pelaksanaan Pilgub 2018 yang akan digelar 27 Juni besok akan meningkat. Hal itu disampaikan Ketua KPU Grobogan Afrosin Arif saat diminta tanggapannya terkait partisipasi pemilih besok.

Afrosin menyatakan, selain lancar dan aman, salah satu barometer suksesnya pelaksanaan pemilu termasuk Pilgub adalah besarnya warga yang menggunakan hak pilih. Bagi banyak pihak angka partisipasi pemilih yang tinggi dinilai sebagai salah satu indikator keberhasilan penyelenggaraan pesta demokrasi.

“Setelah pelaksanaan pemilihan, selalu muncul pertanyaan utama dari banyak pihak. Yakni, berapa besar angka partisipasi pemilih yang menggunakan hak suaranya. Besarnya partisipasi pemilih memang dinilai sebagai salah satu indikator keberhasilan penyelenggaraan Pilgub,” katanya, Selasa (26/6/2018).

Terkait dengan pelaksanaan Pilgub tahun 2018 ini, kenaikan partisipasi pemilih memang jadi perhatian serius. Hal ini mengacu adanya angka penurunan partisipasi pemilih pada pelaksanaan Pilgub edisi sebelumnya.

Menurut Afrosin, angka partisipasi pemilih pada Pilgub 2008 bisa mencapai 50,74 persen. Kemudian, pada Pilgub edisi berikutnya tahun 2013, angka partisipasi Pemilih turun jadi 45,73 persen.

“Kalau untuk pelaksanaan Pilbup, pileg atau pilpres, tingkat pastisipasi pemilih bisa sampai 70 persen. Kita akan berupaya agar dalam Pilgub tahun ini, angka partisipasi pemilih bisa mencapai angka 70 persen. Oleh sebab itu, dalam rangka menaikkan partisipasi pemilih, kita sudah libatkan berbagai stakeholder terkait,” tegasnya.

Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.