MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Mulai Hari Ini Tol Dalam Kota Semarang Berlaku Satu Tarif Merata

0 347

MuriaNewsCom, Semarang – Tarif tol dalam Kota Semarang mulai diberlakukan tarif tunggal atau tarif merata. Tarif ini diberlakukan baik untuk jarak jauh maupun dekat yakni Rp 5 ribu untuk kendaraan golongan I.

Sementara untuk kendaraan golongan II dan III sebesar Rp 7.500 dan golongan IV dan V Rp 10 ribu. Tarif tunggal ini diberlakukan sejak Sabtu (9/6/2018) hari ini mulai pukul 00.00 WIB. Dengan pemberlakukan ini, pengguna tol hanya ditarik tarif saat masuk tol saja.

General Manager Jasa Marga Semarang, Johannes Mancelly dikutip dari detik.com mencontohkan, ketika pengendara masuk melalui tol Manyaran menuju Banyumanik, hanya hanya membayar satu kali dengan tarif yang sudah ditentukan.

Sebelumnya pengguna harus bayar 2 kali di Manyaran dan Tembalang. “Nanti gate (gerbang tol) di Tembalang akan dinonaktifkan,” katanya.

Selain hilangnya Gate Tembalang, akan ada penambahan gate khusus di Jatingaleh, yang akan menyambut kendaraan yang akan masuk tol. Gate juga dipasang di arah masuk tol di Tembalang.

Pihaknya menyakini, aturan ini akan mampu mengurai kemacetan yangs erring muncul di tol dalam Kota Semarang. Meski demikian, ia mengakui jika ada warga yang merasa tarif untuk jarak pendek lebih mahal.

“Itu penetapannya rata-rata jarak tempuh kendaraan selama ini. Didapatkan angka Rp 4.800, karena ada pembulatan Rp 500 terdekat maka menjadi Rp 5.000,” tandasnya.

Untuk diketahui, pengguna tol dalam Kota Semarang sudah meningkat sejak dibukanya tol fungsional Batang-Semarang. Tol fungsional itu tersambung langsung ke tol Manyaran.

“Ini sudah direncanakan sejak lama. Ini tidak hanya berlaku saat mudik, tapi seterusnya,” pungkas Johannes.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.