MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Duh, Tingginya Kasus Perceraian di Kudus Didominasi Gugatan Istri

0 408

MuriaNewsCom,  Kudus – Sejak bulan Januari hingga Mei 2018, angka perceraian di Kudus mencapai 541 kasus. Angka perceraian tersebut,  hampir setengahnya merupakan gugatan cerai yang diajukan oleh pihak istri.

Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Kudus Nur Edi Khambali mengatakan dari angka 541 kasus perceraian, 154 di antaranya merupakan kasus cerai talak, atau cerai yang diajukan oleh pihak suami. Sisanya ada 360 kasus merupakan cerai gugat, atau cerai yang diajukan pihak istri.

“Dari banyaknya kasus perceraian karena gugatan yang diajukan oleh pihak istri.  Hal itu berdasarkan fakta di persidangan sebagian besar kasus perceraian ditengarai oleh persoalan  ekonomi. Utamanya dari golongan keluarga miskin, ” kata dia.

Ia mencontohkan, ketika ada suami yang pergi merantau. Di perantauan ternyata punya simpanan. “Selain jarang pulang, uangnya juga tidak pulang. Akhirnya istri tidak kuat ngajukan gugatan cerai,” jelas dia.

Sedangkan untuk kasus perceraian karena gugatan yang diajukan suami, ditengarai adanya pengaruh sosial. Ia memisalkan adanya pengaruh sosial yang menyebabkan hancurnya rumah tangga.

“Itu istri tidak bisa menerima pemberian nafkah suaminya. Selalu merasa kurang. Akhirnya sang istri terlalu banyak menuntut. Sang suami tidak kuat, cerailah ujungnya,” jelasnya.

Sementara itu,  diakuinya siklus perceraian paling banyak terjadi setelah lebaran. Selepas itu akan mengalami penurunan ketika menjelang lebaran. Hal itu  berulang-ulang terjadi pada setiap tahunnya.

“Jadi mungkin saat jelang lebaran, pas bulan Ramadan ditahan dulu. Nanti setelah lebaran baru ditumpahkan ke gugatan perceraian. Lagian bagi lelakinya yang merantau kebetulan pulang saat lebaran,”tutupnya.

Editor : Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.