MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Baru Dibuka Fungsional, Tol Salatiga-Kartasura Langsung Macet

0 1.290

MuriaNewsCom, Semarang – Trans Marga Jawa Tengah resmi membuka Tol Salatiga-Kartasura secara fungsional untuk kepentingan mudik dan balik Lebaran 2018 sejak Jumat (8/6/2018) pagi kemarin. Sejak dibuka, jalur tol itu langsung diserbu pemudik.

Akibatnya, tol yang pembangunananya belum rampung total itu terjadi kemacetan panjang akibat antrean kendaraan di pintu ke luar. Ini setidaknya tejadi pada Sabtu (9/6/2018) di ruas tol Boyolali-Kartasura.

Penumpukan kendaraan terjadi cukup panjang. Pasalnya, hari ini merupakan awal pelaksanaan mudik, dan merupakan akhir pekan sebelum cuti bersama Lebaran.

Kemacetan di ruas ini dilaporkan netizen melalui akun FB @Sulasto Koping, di grup FB MIK Semar. Dalam unggahannya pagi tadi, Sulasto membagikan foto kemacetan di jalur tol Boyolali-Kartasura. Dalam foto terlihat antrean kendaraan hingga ratusan meter.

”Info lalin di jalN tol fungsional boyolali kartosuro muacet tiwas lewat sini macet bngt lur..Yang mau kesolo mending jangan lewat sini dr pada kena macet seperti saya,” tulis Sulasto Koping dalam postingannya.

Jalur tol Salatiga-Kartasura dibuka secara fungsional selama musim mudik dan balik 2018. (istimewa)

Pembukaan jalur tol Salatiga-Surakarta secara fungsional ini memang diperkirakan akan membuat penumpukan kendaraan di jalur tersebut. Namun pihak kepolisian sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas jika terjadi kemacetan di jalur tol baru ini.

Kapolres Semarang AKBP Agus Nugroho mengatakan, tol fungsional ruas Salatiga-Kartasura hanya dubuka mulai pukul 06.00-17.00 WIB. Selama dibuka, petuas akan memperhatikan volume kendaraan yang melewatinya.

“Jika terjadi penumpukan di tol fungsional, kita akan alihkan ke exit tol Tingkir (Salatiga), yang nanti akan membelah ke Suruh dan Tengaran. Nantinya, masuknya ke Salatiga dan kita koordinasikan dengan Polres Salatiga serta Polres Boyolali untuk pengalihan arus,” kata Agus.

Jalur tol ini hanya akan dibuka selama sepekan, yakni mulai H-7 hingga H+7 Lebaran. Karena sifatnya fungsional, maka kecepatan kendaraan disarankan tidak lebih dari 40 km/jam.

Nantinya, bagi pemudik setelah dari ruas Semarang-Salatiga pembayaran tol di kawasan Tengaran, Kabupaten Semarang, khususnya yang terus menuju Solo. Di kawasan ini disediakan empat gate pembayaran nontunai.

Kanit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli (Jurjawali) Satlantas Polres Semarang, Ipda Ari Parwanto mengatakan, pada hari ini Satlantas Polres Semarang melakukan survei tol fungsional di wilayah Kabupaten Semarang dari ruas Tingkir, Salatiga-Boyolali. Kemudian berdasarkan survei tersebut, hasil kajian untuk dilewati malam hari belum bisa.

“Ini karena dari segi keamanan, dari segi penerangan belum memungkinkan, jadi kita berlakukan di siang hari pada pukul 06.00-17.00 WIB. Demi keselamatan kita gunakan fungsional di siang hari,” katanya saat melakukan survei di Rest Area sementara tol ruas Salatiga-Kartasura di Koripan, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang, Selasa (5/6/2018).

Pihak kepolisian juga melarang para pemudik berfoto selfie di ruas tol tersebut, karena bisa mengganggu arus lalu lintas. Larangan selfie ini, juga dipertegas dengan dipasangnya rambu-rambu. Polisi juga mengimbau pemudik tujuan Solo yang melintas Jembatan Kenteng untuk lebih berhati-berhati.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.