MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ingat! Takbir Keliling di Pati Tak Boleh Nyeberang Desa Tetangga

0 582

MuriaNewsCom, Pati – Pelaksanaan perayaan takbir keliling pada malam menjelang hari raya Idhul Fitri di Kabupaten Pati, menuai peringatan keras dari Bupati Pati Haryanto. Dia meminta kepada segenap masyarakat yang merayakan untuk tidak melakukan takbir keliling sampai ke desa tetangga

“Berdasarkan pengalaman yang sudah ada, kalau perayaan takbir keliling itu sampai nyebrang ke desa tetangga, biasanya akan terjadi tawuran. Untuk menghindari hal itu, maka kami menghimbau agar pelaksanaan takbir keliling harus berada di masing-masing desa sendiri,” ungkapnya, Kamis (7/6/2018).

Sebelumnya, dia mengaku sudah memberikan sosialisasi kepada masyarakat melalui tarawih keliling di setiap kecamatan. Bahkan, respon masyarakat dinilainya sudah baik. Pada tahun lalu, lanjut Haryanto, pihaknya juga sudah memberikan surat edaran terkait pelaksanaan takbir keliling.

“Untuk tahun ini, kami juga akan memberikan surat edaran agar pelaksanaan takbir keliling tidak sampai nyebrang ke desa lain. Semoga saja masyarakat memahami hal itu,” imbuhnya.

Dalam hal ini, pihaknya juga sudah memberikan saran kepada masing-masing kepala desa untuk menyampaikan hal tersebut kepada warganya. Sehingga, pelaksanaan takbir keliling bisa berjalan lancar dan aman.

“Ini kan perayaan hari lebaran, jangan sampai kita kotori dengan tawuran maupun mabuk-mabukan yang akhirnya bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Mari kita sambut idhul fitri ini dengan hal-hal yang positif,” tegasnya.

Dia menekankan, apabila masih ada kelompok yang nekat nyebrang ke desa lain, maka akan berhadapoan langsung dengan aparat keamanan. Lebih dari itu, penyelenggara juga hajrus memperhatikan batasan pelaksanaan pawai takbir keliling itu.

“Maka dari itu, perlu kerjasama yang baik, agar pelaksanaanya bisa kondusif dan sesuai dengan tuntunan syariat agama,” tandasnya.

Editor : Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.