MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Melongok Pesantren Kilat Ala Anak Penyandang Disabilitas di Pati

0 245

MuriaNewsCom, Pati – Bagi umat Islam, Ramadan selalu menjadi masa untuk memenuhi hari dengan kegiatan yang positif, terutama untuk menempa spiritual dalam diri. Ada yang rajin melakukan tadarus, ada juga yang mendatangi majelis-majelis pengajian.

Begitu juga dengan para penyandang disabilitas, yang tak mau ketinggalan. Seperti yang terlihat di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri di Desa Sukoharjo, Kecamatan Pati, Kota.

Selama dua hari terakhir, mereka sibuk menggelar pesantren kilat. Itu dilakukan untuk membentuk mental dan karakter para anak didik yang mengalami keterbatasan fisik, sehingga lebih berani dan tidak minder berhadapan dengan orang lain.

Kepala SLB Negeri Sukoharko, Karmi mengatakan, pesantren kilat tersebut sebagai upaya untuk membentuk karakter anak didik, agar lebih Islami dan mampu mengaplikasikan terosi yang sudah dipelajari dalam kelas.

Menurutnya, pembentukan karakter bagi penyandang disabilitas juga sangat penting, agar anak didik mempunyai karakter yang kuat, sehingga tidak kalah dengan siswa normal lainnya. Bahkan, memunculkan karakter dalam diri mereka adalah kewajiban para guru dan orang tua.

“Kami mengadakan pesantren kilat dengan konsep perlombaan masing-masing peserta. Ada beberapa kategori lomba yang diikuti, yakni lomba adzan, wudhu dan salat. Itu merupakan rutinitas mereka yang beragama islam. Agar lebih mendalam, makanya kami adakan lomba,” ungkap Karmi, Selasa (5/6/2018) malam kemarin.

Dia menambahkan, untuk siswa yang mengikuti pesantren kilat tersebut sebanyak 70 siswa. Dalam lomba tersebut, ada juga dari siswa SMP maupun SMA yang turut hadir dan mengikuti pesantren kilat.

Untuk memaksimalkan pelaksanaan pesantren tersebut, pihaknya meminta kepada peserta untuk menginap di sekolah. Sehingga, dalam dua hari itu, dipastikan mereka akan mendapatkan pembinaan dan bimbingan keislaman.

“Momennya sudah tepat, yakni bulan Ramadan. Untuk itu, dengan adanya pesantren kilat di SLB ini mampu menempa mental spiritual anak didik, terutama anak-anak kami yang mempunyai keterbatasan fisik,” harapnya.

Usai pelaksanaan pesantren kilat ini, pada akhir acara akan dilakukan bakti sosial bersama dengan warga setempat.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.