MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Operasi Ketupat Candi 2018 Dimulai, Idul Fitri di Pati di Pastikan Aman

0 480

MuriaNewsCom, Pati Apel gelar pasukan Polres Pati bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), di Alun-Alun Pati, Rabu (6/6/2018) menandai dimulainya Operasi Ketupat Candi 2018 di Bumi Mina Tani.

Dalam apel tersebut ditekankan pentingnya penjagaan perayaan Idul Fitri. Mengingat, saat ini ada banyak potensi kerawanan, sehingga perlu adanya penjagaan dan pengawasan ketat dari aparat keamanan.

Bupati Pati Haryanto, selaku  inspektur apel saat membacakan amanat dari Kapolri Tito Karnavian mengatakan, ada banyak kerawanan yang tengah mengancam masyarakat. Mulai dari kemacetan lalu lintas, karena banyak masyarakat yang mudik, kerawanan terorisme dan lain sebagainya.

“Keselamatan dan kelancaran arus mudik maupun arus balik menjadi fokus utama untuk menjaga keamanan berkendara. Setidaknya, ada beberapa titik macet di masing-masing daerah, sehingga kepada satlantas masing-masing harus menjaga titik kerawanan macet itu agar tidak terjadi konflik,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, potensi kerawanan selanjutnya yang harus diatasi adalah bencana alam dan ganggungan dari pencurian maupun perampokan. Ini marak terjadi ketika memasuki Lebaran. Untuk itu, pihak kepolisian harus melakukan upaya preventif maupun preentif untuk menjaga keamanan tersebut.

“Upaya kerawanan tersebut harus ditekan seminimal mungkin. Kami juga berharap ada kordinasi antara satuan penjagaan agar dalam pengamanan bisa berjalan lancar,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Pati AKBP Uri Nartanti mengatakan, ada ratusan personel yang akan diterjunkan untuk melakukan Operasi Ketupat candi 2018 ini. Ia menyebut, ancaman kerawan di Pati tak begitu besar.

“Empat kerawanan yang sudah dikatakan tadi, kami kira tidak ada yang signifikan. Karena, baik dari jajaran kepolisian maupun pemda sudah mengantisipasi sebelumnya. Untuk arus mudik, saat ini juga terpantau lancar, apalagi nanti pak bupati akan mengadakan mudik gratis menggunakan bus. Ini akan mengurangi potensi kemacetan,” tandasnya.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.