MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Stok Minim, PMI Grobogan Berharap Sumbangan Darah untuk Kebutuhan Lebaran

0 328

MuriaNewsCom, GroboganPMI Grobogan berharap adanya tambahan darah dari para pendonor. Hal itu diperlukan sebagai langkah antisipasi persediaan darah saat lebaran nanti karena stok saat ini dinilai cukup minim.

Kasi Pelayanan Bidang Yansoskesmas PMI Grobogan Gesit Kristyawan menyatakan, persediaan darah saat ini totalnya ada 309 kantong. Terdiri golongan darah A sebanyak 13 kantong, golongan darah B 170 kantong, golongan darah O 87 kantong, dan golongan darah AB ada 39 kantong.

“Persediaan golongan darah A ini kurang aman karena hanya 13 kantong saja. Untuk golongan darah lainnya masih mencukupi,” kata Gesit, Selasa (5/6/2018).

Sebelum puasa lalu pihaknya berhasil mengumpulkan banyak persediaan darah. Namun, sebagian besar persediaan sudah terpakai selama kurun puasa ini.

Selama bulan puasa jumlah pendonor darah memang turun drastis. Di mana, pendonor per hari hanya sekitar tiga orang. Sementara sebelum puasa, jumlah pendonor bisa mencapai 25 orang sehari.

Untuk mengantisipasi kebutuhan darah pada masa lebaran pihaknya berupaya menambah persediaan dengan mengadakan kegiatan donor darah massal di beberapa titik selama bulan puasa. Seperti di Alun-alun Purwodadi dan beberapa rumah makan hingga di gereja-gereja

Gesit mengharapkan kerelaan masyarakat untuk menyumbangkan darahnya bagi kemanusiaan pada bulan puasa ini. Dia menegaskan, pada dasarnya, melakukan donor darah pada saat berpuasa tidak masalah atau tidak membahayakan.

“Sebenarnya, tidak masalah dengan donor darah pada saat puasa. Meski demikian, kalau ragu-ragu bisa melakukan donor pada malam hari usai berbuka atau tarawih,” imbuhnya.

Editor : Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.