MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Besok Dioperasikan, Bandara A Yani Mulai Boyongan ke Terminal Baru

0 751

MuriaNewsCom, Semarang – Terminal baru Bandara Internasional A Yani Semarang, akan dioperasikan pada Rabu (6/6/2018) siang besok. Penerbangan perdana dari terminal baru tersebut yakni Garuda Indonesia tujuan Jakarta pada pukul 06.00 WIB, dan berturut-turut sesuai jadwal biasanya.

Untuk memulai operasional terminal baru ini, mulai Selasa (5/6/2018) hari ini PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara A Yani Semarang mulai melakukan boyongan. Setelah boyongan dan terminal baru beroperasi, terminal lama nantinya akan difungsikan sebagai terminal kargo.

Sejumlah petugas dikerahkan untuk memindahkan peralatan-peralatan operasional yang ada di terminal eksisting ke terminal baru. Boyongan ini direncanakan akan selesai hingga Rabu dini hari. Pihak Angkasa Pura memastikan proses boyongan ini tak mengganggu kegiatan operasional terminal lama.

“Fokus aktivitas pemindahan akan dilakukan pada malam hari menjelang operasional bandara tutup. Terminal baru nantinya akan menjadi ikon baru kebanggaan masyarakat Semarang dan Jawa Tengah untuk dioperasikan dan diresmikan,” kata Direktur Utama AP I, Faik Fahmi, dalam keterangan resminya Selasa (5/6/2018).

Peralatan yang dipindahkan mencakup peralatan screening check point (SCP) 2 dan fasilitas di ruang tunggu domestik dan internasional. Peralatan lain yang dipindahkan yaitu trolley, x-ray, komputer kios, walk through metal detector(WTMD) atau alat pendeteksi metal, meja pemeriksaan SCP, peralatan perkantoran, dan lainnya.

Pihak bandara juga telah melakukan simulasi pengoperasian bandara baru, dengan mengerahkan 100 karyawan sebagai penumpang, dan petugas bandara.

Terminal baru Bandara A Yani Semarang ini akan menjadi bandara terapung pertama di Indonesia. Konsep bandara Ahmad Yani yang terapung muncul karena sekitar 90% lahan pengembangan bandara berada di sekitar rawa-rawa sehingga kontruksi harus dilakukan dan dibangun di atas air. Konsep ini mirip dengan kontruksi tol atas laut di Bali.

Bandara Ahmad Yani Semarang mengusung konsep floating airport yang dipadukan dengan konsep ecogreen. Pada area bandara juga ditanami 24 ribu pohon mangrove untuk mendukung pelestarian lingkungan.

Bandara baru ini akan mengatasi masalah over capacity. Kapasitas bandara lama hanya 800 ribu penumpang per tahun, namun realisasi penumpang pada 2017 mencapai 4,4 juta orang, sementara kapasitas bandara baru yakni mampu menampung 6 juta penumpang per tahun.

Terminal bandara baru ini memiliki luas 58.652 meter persegi atau sembilan kali lebih luas dibanding terminal lama yang hanya 6.708 meter persegi. Luasan apron mencapai 75.522 meter persegi dan dapat menampung 13 pesawat narrow body.

Terminal baru ini dibangun di atas lahan lunak dan sebagian besar berair dengan menggunakan tiang pancang. Dana yang disiapkan untuk pembangunan yakni mencapai Rp 2,07 triliun ini terdiri dari lima paket.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.