MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Waduh, Abu Erupsi Gunung Merapi Ternyata Menjangkau Wilayah Grobogan

0 552

MuriaNewsCom, Grobogan – Meski jaraknya mencapai ratusan kilometer, dampak erupsi Gunung Merapi hendaknya perlu diwaspadai. Hal ini terkait adanya partikel abu erupsi yang menjangkau sebagian wilayah Grobogan pada Jumat (1/6/2018) malam.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, pada Jumat kemarin, Gunung Merapi mengalami erupsi dua kali. Erupsi pertama terjadi pagi sekitar pukul 08.00 WIB.

Pada erupsi pertama, dampak hujan abu sempat dirasakan warga yang berbatasan dengan wilayah Boyolali. Yakni, beberapa desa di Kecamatan Karangrayung, Geyer, dan Kedungjati.

Malam harinya sekitar pukul 21.00, Gunung Merapi kembali mengalami erupsi yang lebih kuat. Pada erupsi kedua ini, wilayah Grobogan yang terjangkau hujan abu Merapi lebih luas dari sebelumnya, saat erupsi pagi hari.

Hujan abu akibat erupsi kedua sempat menjangkau wilayah Kecamatan Karangrayung, Geyer, Kedungjati, Godong, Penawangan, Klambu, dan Purwodadi. Bahkan, hujan abu ini sempat pula menjangkau wilayah Kudus dan Demak.

Sebagian warga menyadari adanya dampak abu Merapi dari bodi mobil atau jok sepeda motor yang tertutup debu putih.

“Sejak habis berbuka, motor saya taruh di halaman. Ketika mau saya masukkan rumah menjelang tengah malam, ternyata jok motor banyak debunya. Debunya berwarna putih,” kata Rustiyo, warga Karanganyar, Kecamatan Purwodadi, Sabtu (2/6/2018).

Adanya dampak hujan abu membuat sebagian warga bersikap hati-hati. Yakni, mereka menggunakan masker untuk menjaga agar tidak menghirup abu secara langsung.

“Tadi malam saya sempat lihat ada hujan abu tipis-tipis. Setelah itu, saya langsung pakai masker begitu keluar rumah,” kata Ririn, warga Godong.

Editor : Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.