MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pilgub Bakal Diawasi 74.323 Personel, Ada Pelanggaran Jangan Takut Lapor

0 186

MuriaNewsCom, Semarang – Petugas pengawas yang bakal dikerahkan untuk melakukan pengawasan pada Pilgub Jateng 2018. Puluhan ribu pengawas itu dikerahkan mulai dari pusat kota hingga ke pelosok-pelosok desa.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah, Fajar SAKA menyatakan jika saat ini sudah ada 10.386 pengawas yang bekerja secara aktif.

“Jumlah ini akan ditambah personel pengawas di tempat pemungutan suara. Jumlahnya mencapai 63.937 orang,” kata Fajar, Rabu (30/5/2018).

Ia menyatakan, pengawasan secara ketat tersebut sebagai salah satu upaya untuk menjaga legitimasi proses dan hasil pemilu. Dengan jumlah pemilih yang mencapai 27 juta jiwa, kata dia, fokus pengawasan dilakukan secara konstruktif dan tepat melalui instrumen pengawasan.

“Kami juga meminta masyarakat untuk tidak takut melapor jika menemukan adanya dugaan pelanggaran,” ujarnya.
Fajar menyebutkan, terdapat beberapa masalah yang harus segera diselesaikan berkaitan dengan jumlah pemilih yang belum terdaftar.

Bawaslu mencatat 196.840 warga provinsi ini belum memiliki kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) sebagai syarat untuk memberikan suara dalam Pilgub 2018.

“Dari sekitar 485.000 calon pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT, 196.840 di antaranya belum memiliki e-KTP,” kata Fajar.

Menurut dia, hal tersebut harus segera diselesaikan mengingat berkaitan dengan penyediaan surat suara. Karena dikhawatirkan nanti terjadi pemilih tanpa surat suara di beberapa daerah.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.