MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kader Nasdem Cek Kesehatan Warga Demak Agar Puasa Tak Terganggu

0 245

MuriaNewsCom, Demak – Warga di Desa Bremi, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak, mendapat pemeriksaan kesehatan gratis oleh tim medis dari Korwil Partai Nasdem Jateng-DIY, Lestari Moerdijat. Pemeriksaan medis diberikan, terutama untuk para lansia agar puasa yang mereka jalankan tidak terganggu.

Pemeriksaan kesehatan ini merupakan kegiatan rutin yang digelar tiap pekannya. Pada saat Ramadan kali ini, pemeriksaan kesehatan lebih banyak difokuskan pada penyakit maag. Mbak Rerie panggilan akrab Lestari Moerdijat mengatakan, penyakit ini yang paling banyak dikeluhkan.

“Terutama pada lansia atau manula penyakit ini sering dikeluhkan. Oleh karenanya, kami memberikan layanan kesehatan gratis, agar warga tetap bisa menjalankan puasa dengan tenang,” katanya, Senin (28/5/2018).

Salah satu tim medis saat memberikan penyuluhan menjelaskan, gastritis atau yang sering orang awam penyakit maag adalah suatu peradangan pada lambung oleh karena iritasi, infeksi dan ketidakteraturan pola makan. “Misalnya telat makan atau makan makanan yang banyak bumbu atau pedas,” ujar tim medis dalam penjelasannya.

Selain itu tim medis juga memberi tahu soal gejala-gejala penyakit maag. Di antaranya mual, muntah, perut terasa kembung, malas makan, nyeri ulu hati sampai terasa perih dan panas.

Untuk terhindar dari penyakit ini, tim medis menyarankan untuk mengurangi makanan yang mengandung gas. Seperti kol, labu, kecambah, bawang putih, buah pir, nangka, olahan yang banyak ragi seperti tempe dan lain-lain.

“Selain itu juga kurangi makanan yang terlalu pedas, kecut, kopi, stop konsumsi alkohol, merokok, jamu, cokelat, dan minuman bersoda,” terangnya.

Dalam even ini ada 118 warga yang mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis. Mereka mengaku merasa terbantu, selain mendapatkan penyuluhan tentang kesehatan, juga mereka mendapatkan pengobatan secara cuma-cuma.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.