MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Terminal Baru Bandara A Yani Semarang Dioperasikan 2 Juni 2018

0 612

MuriaNewsCom, Semarang – Terminal baru Bandara A Yani Semarang direncanakan mulai dioperasikan sebelum musim mudik Lebaran atau pada 2 Juni 2018 mendatang. Nantinya seluruh aktivitas penerbangan komersial akan dipindah ke terminal baru.

Sementara terminal lama yang hingga saat ini digunakan, hanya akan digunakan untuk bongkar muat kargo. Untuk memulai operasional terminal baru itu, Kementerian Perhubungan mulai Kamis (24/5/2018) melalukukan verifikasi.

Kepala Satuan Kerja Proyek Pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Toni Alam menjelaskan bahwa pengoperasian secara fungsional terminal baru menunggu hasil verifikasi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan, terkait dengan perkembangan pengerjaan proyek.

“Verifikasi yang dilakukan Kemenhub di akhir Mei 2018 untuk menentukan pengoperasian bandara. Kalau dinilai layak beroperasi, pada tanggal 2 Juni 2018 seluruh penerbangan komersial sudah bisa dimulai di lokasi yang baru, sedangkan bandara yang lama sementara hanya untuk bongkar muat kargo,” ujarnya.

Ia menegaskan bahwa pihaknya terus berupaya mempercepat penyelesaian proyek pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, agar bisa dioperasikan secara fungsional sesuai dengan target.

Sementara itu, Sekda Jateng Sri Puryono menyatakan, verifikasi yang dilakukan Kemenhub untuk menentukan bandara baru tersebut layak atau tidak digunakan.

“Untuk menguji kelayakan lokasi baru, tim verifikasi dari Kemenhub sudah turun mengecek langsung. Hasilnya hanya ada beberapa catatan minor yang tidak fatal atau masih bisa ditoleransi,” katanya.

Sekda mengaku optimistis terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani dapat dioperasikan secara fungsional pada bulan depan. Meskipun menjelang pengoperasiannya akan diverifikasi lagi dan simulasi.

Terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang memiliki luas area 58.652 meter persegi atau hampir sembilan kali lebih besar daripada luasan terminal eksisting sebelum 6.708 meter persegi.

Luasan apron baru mencapai 72.522 meter persegi yang dapat menampung 13 pesawat “narrow body” atau konfigurasi 10 pesawat “narrow body” dan dua pesawat “wide body” kargo.

Proyek pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani terdiri atas lima paket, yakni Paket 1 pekerjaan lahan dan jalan akses sudah selesai 100 persen, Paket 2 pekerjaan apron dan “taxiway” juga sudah 100 persen, Paket 3 pekerjaan pembangunan terminal akan selesai November 2018, Paket 4 berupa bangunan penunjang dan landscap, dan Paket 5, pekerjaan “water management” akan selesai pada tahun 2019.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.