MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Umi Gantikan Posisi Ki Enthus Sebagai Calon Bupati Tegal

0 3.118

MuriaNewsCom, Tegal – Pascameningglanya Ki Enthus Susmono, parpol pengusung langsung bergerak cepat untuk mencari pengganti Enthus sebagai calon bupati Tegal. Pasalnya, KPU hanya memberi waktu 7 hari dari meninggalnya calon, untuk mengusulkan pengganti.

Seperti diketahui dalam Pilbup Tegal Ki Enthus yang merupakan calon bupati petahan maju berpasangan dengan Umi Azizah. Pasangan ini diusung koalisi PKB, Gerindra, Hanura, PKS dan PAN.

Setelah melalui beberapa proses, DPC Kabupaten Tegal akhirnya memutuskan memilih Umi Azizah untuk naik menggantikan posisi Ki Enthus sebagai calon bupati. Sementara untuk posisi cawabup masih didiskusikan dengan parpol pengusung lain.

“Kami sepakat Umi Azizah yang semula calon wakil naik menjadi calon bupati,” ujar Sekretaris DPC PKB Kabupaten Tegal, Agus Salim, dikutip dari detik.com, Jumat (18/5/2018).

Ia menyebut, sebelum memutuskan nama Umi Azizah untuk maju ada sejumlah nama yang masuk dalam pertimbangan.

Di antaranya dr Edi Utomo, mantan calon bupati pada Pilbup 2013 lalu. Was’ari, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tegal yang juga menjabat Ketua PCNU. Dokter Joko, Sekda Kabupaten Tegal.

Abdulrohman seorang pengusaha asal Tegal, Firman Haryo S, anak pertama Enthus Susmono dan Sabililah Ardie, anak dari Bahrudin Nasori (anggota DPR RI yang juga Ketua DPP PKB).

Sebelumnya, KPU Kabupaten Tegal, Jawa Tengah memang sempat meminta kepada partai partai pengusung paslon nomor 3 ini untuk segera mencari pengganti Ki Enthus. Hal ini untuk mencegah gugurnya paslon dalam pikada 2018 nanti.

Baca : Ki Enthus Meninggal, Parpol Bisa Ajukan Calon Pengganti di Pilkada Tegal

Selain itu, pascameninggalnya Ki Enthus, KPU Tegal juga akan melakukan cetak ulang surat suara dan alat peraga kampanye (APK) Pilbup Tegal 2018. Untuk surat suara saat ini sudah tercetak sebanyak sebanyak 1.206.502 buah.

Jumlah itu sesuai jumlah DPT di Kabupaten Tegal yang berjumlah 1.171.029 ditambah 2.5 persen. Surat suara itu sudah sampai di KPU Tegal sejak sepekan lalu dan tinggal dilipat.

“Surat suara seharusnya hari Rabu ini sudah mulai dilipat, tapi dibatalkan. Semua surat suara masih tersimpan di gudang. Tidak akan gunakan karena salah satu calon bupati meninggal dunia. Jadi KPU harus pesan lagi,” kata Ketua KPU Kabupaten Tegal, Sukartono.

Ia menyebut, APK yang sudah tersebar juga akan ditarik lantaran masih mencantumkan gambar cabup nomor 3, Enthus Susmono, dan kemudian akan diganti dengan yang baru.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.