MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bupati Pati: Normalisasi Sungai Juwana Diperkirakan Telan Rp 800 Miliar

0 578

MuriaNewsCom, Pati – Normlisasi sungai Juwana diperkirakan akan menelan biaya sebanyak Rp. 800 Miliar. Nantinya, sungai juga akan dilebarkan di dikeruk sehingga bisa mengantisipasi terjadinya banjir. Sementara itu juga dibangun kolam retensi dan embung kembang kempis.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, sesuai dengan anggaran Dana Insentif Ddaerah (DID) besaran dana yang dibutuhkan untuk normalisasi sungai juwana tersebut sekitar Rp. 800 Miliar. Proposal sudah masuk ke Presiden dan sudah mendapatkan jawaban dari Sekretaris negara.

“Pada 2019 mendatang, kemungkinan besar sungai juwana akan segara dinormalisasi,” ungkap Bupati Pati Haryanto saat ditemui, Kamis (17/5/2018).

Sementara itu, pihaknya juga sudah datang ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Jawa Tengah terkait normalisasi sungai juwana tersebut. Menurutnya, pihak BBWS akan memprioritaskan sunai juwana untuk normalisasi, kolam retensi maupun embung kembang kempis.

Sementara untuk panjang sungai yang akan dinormalisasi, yakni mencapai 40 hingga 60 kilo meter. Selain itu juga ajan ada pelebaran sungai sepanjang 100 meter, sehingga pada saat musim hujan, kondisi sungai tidak meluap.

“Khusus untuk kolam retensi dan embung kembang kempis itu, memang sengaja kami masukkan ke proposal untuk penanggulangan banjir,” imbuh Haryanto.

Sebagaimana diketahui, pada saat musim hujan, warga yang berada di sungai juwana akan mengalami kebanjiran lantaran luapan air dari sungai juwana tersebut. Sehinga, pembangunan kolam retensi mapun embung kembang kempis, setidaknya mampu menghalau banjir tersebut.

Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.