MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Puluhan Calon Jemaah Haji Pati Gagal Berangkat, Ini Alasannya

0 761

MuriaNewsCom, Pati – Sebanyak 59 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Pati, tahun ini dipastikan gagal berangkat. Sebab, mereka belum melakukan biaya pelunasan ibadah haji (BPIH) tahap pertama yang berakhir pada awal Mei lalu.

Kepala Kemenag Pati Imron melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Abdul Hamid mengatakan, 59 CJH yang belum melunasi BPIH tersebut ada berbagai alasan. Selain alasan vonis dokter yang tidak memungkinkan kondisi CJH untuk berangkat tahun ini, sebagian diantaranya juga karena alasan ekonomi.

“Setelah kami identifikasi, ternyata ada berbagai alasan, ada yang Istita`ah, sakit, tidak punya biaya untuk pelunasan, ada juga yang mengaja menunda pemberangkatan lantaran ingin berangkat bareng bersama keluarganya yang lain,” ungkapnya, Kamis (17/5/2018).

Dia juga mengaku, ada dua orang yang meninggal dunia sebelum pelunasan BPIH tersebut, yakni orang Margorejo dan warga Desa Tegalharjo, Kecamatan Trangkil.

Hamid menambahkan, CJH Pati tergabung dalam Embarkasi Solo BPIH nya sebesar Rp 35.933.275. Jika hingga batas waktu belum melakukan pelunasan, maka otomatis masuk dalam daftar CJH tunda 2019 mendatang.

“Untuk saat ini kami sudah membuka BPIH tahap dua. Kami harap para CJH yang terdaftar akan berangkat pada tahun ini, bisa segera melunasi pembayarannya. Apabila berhalangan, bisa menghububungi petugas kami agar bisa membantu keluhan yang diutarakan,” imbuhnya.

Dia juga menekankan agar para CJH yang sudah melakukan pelunasan, untuk aktif mengikuti pembinaan manasik yang diselenggaraakan oleh panitia haji. Itu untuk mempermudah mereka agar pada saat proses pelaksanaan haji di Makkah, semuanya bisa berjalan sempurna.

“Kami selalu menekankan agar para CJH selalu mengikuti manasik yang diadakan panitia. Harapan kami, para CJH bisa menjaga kesehatan sampai pemberangkatan hingga selesai pelaksanaan haji,” harapnya.

Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.