MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Skadron II/Serbu Penerbad Semarang Kini Diperkuat 8 Heli Apache Canggih

0 1.446

MuriaNewsCom, Semarang – Kekuatan TNI Angkatan Darat (AD) kini diperkuat dengan alat utama sistem persenjataan (alutsista) baru berupa helikopter tempur. Delapan unit helikopter serang AH-64E Apache baru dibeli dari Amerika dan sudah tiba untuk dioperasikan.

Delapan helikopter canggih terbaru itu itu dibelu dari Amerika seharga 41 juta dolar AS per unit. Delapan unit heli Apache diserahkan Wakil Duta Besar Amerika Serikat, Erin Mckee kepada Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu, di Skadron II/ Serbu Penerbad, Kota Semarang, Rabu (16/5/2018).

Ryamizard Ryacudu mengatakan, helikopter yang diserahkan berteknologi tinggi dan tercanggih saat ini. Sehingga, keberadaannya diharapkan lebih memperkuat terpeliharanya kedaulatan bangsa.

“Kepada Amerika Serikat, terima kasih atas kerja sama yang sangat baik, sehingga tercapai apa yang kita inginkan bersama, yaitu hari ini kita mendapat delapan helikopter canggih,” tuturnya.

Menhan menandaskan, kerja sama, khususnya dalam bidang militer, tak hanya dilakukan dengan Amerika, tapi semua negara sahabat. Hal itu adalah wujud politik bebas aktif yang diterapkan di Indonesia.

“Kerja sama terus dilakukan dengan semua negara sahabat. Ini penerapan politik bebas aktif. Tidak ada musuh-musuhan,” katanya tegas.

Ryamizard menambahkan, helikopter serang AH – 64E Apache sudah siap dioperasionalkan, termasuk pilot. Mereka sudah menjalani pelatihan di Amerika selama enam bulan.

“Untuk TNI AD, harap dipelajari lagi masalah penggunaan heli agar dalam pelaksanaan nanti tidak ada kekeliruan yang dilakukan. Untuk panglima TNI dan seluruh prajurit, saya minta heli ini dijaga dengan baik, dirawat dengan baik agar masa pakai bisa seoptimal mungkin. Ini juga bentuk terima kasih kepada rakyat Indonesia yang telah menghadiahkan alutsista tercanggih,” ungkap dia.

Wakil Duta Besar Amerika Serikat, Erin Mckee mengemukakan serah terima helikopter Apache ini adalah momen bersejarah di antara kedua negara dalam menjalin kemitraan di bidang militer. Kemitraan pertahanan itu akan diperkuat terus menerus, untuk mendorong keamanan, stabilitas, dan menjunjung kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Di samping peralatan tempur, pihaknya juga bermitra terkait SDM nya. Sudah 100 tentara Angkatan Udara Indonesia, baik pilot maupun teknisi telah dilatih di AS bersama pilot dan teknisi Apache.

Helikopter apache dilengkapi tiga jenis persenjataan. Yakni, canon kaliber 30 milimeter yang memiliki jarak efektif 1.500 meter dan jarak maksimal tiga kilometer, roket hydra 2,75 inci dengan jarak efektif tiga sampai lima kilometer dan jarak maksimum tujuh kilometer, serta memiliki jarak mematikan (lethality distance) 20 meter.

Satu persenjataan lainnya adalah misil AGM 114/R Hellfire yang memiliki jarak efektif sampai delapan meter dan mampu menghancurkan sasaran tank, baik bergerak maupun diam.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.