MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Persiapan Pembangunan Bandara Ngloram, Pemkab Blora Menimba Ilmu ke Purbalingga

0 302

MuriaNewsCom, BloraDalam rangka mempercepat persiapan pembangungunan Bandara Ngloram, Pemkab Blora melakukan berbagai upaya. Salah satunya dengan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Purbalingga yang dilangsungkan Selasa (15/5/2018).

Rombongan peserta kunker dimpimpin Sekda Blora Bondan Sukarno didampingi sejumlah pejabat. Antara lain, Asisten I Setyo Edy, Asisten II Slamet Pamudji, Kepala Dinrumkimhub Samsul Arief beserta perwakilan OPD terkait.

Bondan Sukarno mengatakan, kedatangannya ke Purbalingga dilakukan untuk mempelajari persiapan apa saja yang harus dilakukan Pemkab Blora menyongsong pembangunan Bandara Ngloram. Soalnya, Kabupaten Purbalingga telah berhasil mempersiapkan pembangunan Lapangan Udara Wirasaba menjadi Bandara Jendral Besar Soedirman. Bahkan, ground breakingnya dilakukan Presiden Joko Widodo bulan April lalu.

“Pemkab Blora beserta tim ingin mengetahui lebih jauh terkait kesiapan dan persiapan yang dilakukan oleh Pemkab Purbalingga dalam pembangunan Bandara JB Soedirman yang sebelumnya merupakan lapangan udara,” jelasnya, Rabu (16/5/2018).

Menurutnya, di Kabupaten Blora terdapat Lapangan Terbang (Lapter) Eks Pertamina yang saat ini asetnya sudah diserahkan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia (RI) ke Kementerian Perhubungan RI. Harapan Pemkab Blora dan masyarakat, Lapter tersebut dapat segera direaktivasi menjadi sebuah bandara komersial.

“Ini merupakan keinginan besar kami (Pemkab Blora, Red) dan juga masyarakat Blora dan sekitarnya untuk memiliki bandara umum. Apalagi di wilayah kami sudah ada asetnya tinggal dioperasikan kembali saja,” sambungnya.

Pemkab Blora sudah sejak 2010 mencoba untuk merealisasikan Lapter Eks Pertamina menjadi bandara komersial kepada pemerintah pusat. Hanya saja, saat itu ada kendala terkait masalah Lapter yang masih menjadi aset milik Kementerian ESDM RI.

Kroger Survey to win online prizes at www.krogerfeedback.com

“Dan sesuai formasi, tahun ini akan ada upaya untuk revitalisasi terkait lapter menjadi bandara. Untuk itu kami ingin belajar dari Pemkab Purbalingga yang sudah berhasil melakukan groundbreaking Bandara JB Soedirman,” ujarnya.

Tim Percepapatan Pembangunan Bandara Ngloram, lanjut Bondan,ingin menggali upaya Pemkab Purbalingga terkait pembebasan lahan, kesiapan infrastruktur menuju ke Bandara dan dukungan lainnya saat pembangunan Bandara JB Soedirman. Pemkab Blora juga ingin mengetahui kondisi fisik Bandara JB Soedirman yang mulai dibangun konstruksinya.

“Dari kunjungan ini nanti kami bisa mempunyai gambaran bagaimana membuat persiapan pembangunan Bandara Ngloram,” tutur Bondan.

Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.