MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Salut, Mahasiswa UMK Ajari Difabel di Kudus Bikin Kerajinan Mahal

0 312

MuriaNewsCom, Kudus –  Sekelompok mahasiswa dari Universitas Muria Kudus (UMK) memberikan pelatihan kepada para penyandang disabilitas untuk membuat kerajinan dari bahan enceng gondok yang hasilnya bisa dijual dengan harga mahal, Minggu (13/5/2018).

Pelatihan yang digelar di Gedung Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda)  Kudus itu bertujuan untuk mengoptimalkan kemandirian penyandang disabilitas.

Dari pantauan MuriaNewsCom, sejumlah 20 penyandang disabilitas sangat antusias merangkai bahan dasar enceng gondok yang disiapkan panitia, menjadi sebuah kerajinan. Mereka diajarkan membuat kerajian yang bernilai ekonomis tinggi, di antaranya sandal, dompet, tas, maupun yang lain.

Ketua pantia, Nailatul Izzah mengatakan,  saat ini para penyandang disabilitas dianggap belum mempunyai kesempatan hidup yang sama. Terlebih, pada masalah kesempatan dalam bekerja. Di mana tidak sedikit penyandang disabilitas yang ditolak saat melamar pekerjaan.

“Sehingga kami berpikir bagaimana menciptakan generasi difabel yang tidak bergantung pada orang lain,” jelasnya kepada MuriaNewsCom.

Ia menjelaskan, dipilihnya enceng gondok sebagai bahan dasar untuk kerajinan karena, salah satu tumbuhan air itu mengganggu ekosistem apabila jumlahnya berlebihan. “Di antara beberapa daerah di Kota Kretek yang populasi enceng gondoknya telah berlebihan yaitu di Kecamatan Undaan, Jekulo, dan Mejobo,” lanjutnya.

Ia mengatakan,  setelah kerajian itu selesai dibuat kaum difabel, nantinya akan dipamerkan di stand FKDK pada even Dandangan. “Kebetulan ini adanya even Dandangan,  sehingga nanti hasilnya akan dipamerkan di sana juga, ” kata dia.

Salah satu penyandang disabilitas Kosim Nuh (41) menyatakan sangat bersyukur bisa mengikuti pelatihan tersebut. Ia mengaku untuk menganyam sepasang sandal ia membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam.”Dengan adanya pelatihan ini semoga bisa bergunan bagi saya maupun teman yang lain,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.