MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Puluhan Petani di Nambuhan Grobogan Dikenalkan Benih Jagung Hibrida Baru

0 325

MuriaNewsCom, Grobogan – Produk benih jagung terbaru dari DuPont Pioneer Indonesia dikenalkan pada puluhan petani di Desa Nambuhan, Kecamatan Purwodadi, Sabtu (12/5/2018). Benih baru adalah varietas P36 Bekisar yang memiliki hasil panen lebih tinggi dan tahan akan bulai.

Public Affairs Manager Asean DuPont Pioneer Indonesia Devi Kusumaningrum menyatakan, dengan varietas baru ini petani bisa mendapatkan potensi hasil panen lebih banyak. Soalnya, varietas baru ini dapat ditanam pada populasi rapat sehingga jumlah tanamannya lebih banyak.

“Rata-rata hasil panennya 9,6 ton per hektare dengan potensi panen bisa mencapai 13 ton per hektar. Tanaman sudah bisa dipanen pada umur 90 hari,” ujarnya dihadapan petani.

Untuk mengenalkan produk baru itu, pihaknya sudah membuat demplot atau lahan percontohan. Dengan cara ini, para petani bisa langsung mengamati kondisi tanaman setiap hari.

DuPont Pioneer Indonesia mengenalkan produk benih baru pada puluhan petani di Desa Nambuhan, Kecamatan Purwodadi, Sabtu (12/5/2018). (MuriaNewsCom/ Dani Agus)

Marketing Manager DuPont Pioneer Indonesia Yuana Leksana menyatakan, varietas benih jagung hibrida baru sangat diperlukan ke petani untuk mendukung dua target. Pertama, peningkatan pendapatan dari hasil pertanian. Target kedua adalah  ikut memberikan kontribusi yang pada target pemerintah dalam hal swasembada pangan dari produk jagung.

Secara morfologi tanaman P36 Bekisar tumbuh seragam, batang dan daun tetap segar, tongkol besar dan panjang, warna biji merah cerah. Varietas ini diklaim punya ketahanan terhadap bulai atau jamur Peronosclerospora maydis.

“Biji jagung warnanya merah cerah. Perlu diketahui, mayoritas industri pakan ternak menyukai biji warna merah ini,” terangnya.

Sementara itu, sejumlah petani mengaku senang dengan hadirnya benih jagung hibrida varietas baru tersebut. Dengan demikian mereka bisa memiliki banyak pilihan benih ketika musim tanam tiba.

“Produk benih dari Pioneer sebenarnya sudah familiar dengan petani sini. Selama ini, petani sering mengeluhkan serangan bulai pada tanaman jagung. Semoga, benih baru ini nanti bisa jadi pilihan karena disebutkan tahan bulai,” cetus Pujiyanto, salah seorang petani setempat.

Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.