MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pandangan Umum Fraksi, Kericuhan Pengisian Penjaringan Perangkat Desa di Pati Jadi Sorotan

0 275

MuriaNewsCom, Pati – Masalah kegaduhan saat penjaringan perangkat desa, menjadi pokok bahasan dalam Rapat Paripurna DPRD Pati terkait Penyampaian pandangan Umum Fraksi terhadap tiga Rencana Peraturan Daerah (Raperda) eksklusif, yakni tentang Kepala Desa (Kades) dan Perangkat Desa, Sabtu (12/5/2018).

Sorotan tersebut dikemukakan Fraksi Partai Hanura yang disampaikan oleh Warsiti. Secara umum fraksinya sangat mendukung perubahan atas perda tersebut, disesuaikan dengan putusan Mahkamah Konstitusi.

“Namun ada yang menjadi perhatian khusus dalam raperda ini, yaitu biaya pencalonan yang dinilai sangat memberatkan. Serta masalah-masalah lainnya. Seperti diketahui, pengisian perangkat desa utamanya sering terjadi sengketa,” papar Warsiti.

Hal senada disampaikan Fraksi PKS. Hanya, dia menggaris bawahi bahwa pengisian  perangkat desa, disinyalir masih banyak dijumpai praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Ini harus menjadi perhatian serius, agar perda eksklusif tersebut bisa mengatur terkait hal tersebut.

“Itu harus menjadi perhatian dalam butir-butir aturan di raperda, baik kepala desa maupun perangkat desa,” tegas Kunarto.

Ketua DPRD Kabupaten Pati, Ali Badrudin menuturkan, pihaknya berterima kasih atas pandangan umum yang telah disampaikan sejumlah fraksi. Dia juga berterima kasih atas fraksi yang memilih tak menyampaikan pandangan umumnya.

”Pandangan umum ini adalah hak dari seluruh fraksi. Saya ucapkan terima kasih baik kepada fraksi yang menyampaikan maupun yang tidak. Sementara untuk jawaban dari Bupati Pati atas pandangan umum ini, akan dijadwalkan pada tanggal 17 Mei mendatang,” pungkasnya.

Dari sembilan fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Pati, ada dua fraksi yang tidak menyampaikan pandangan umumnya. Kedua fraksi tersebut adalah Fraksi PPP, dan Fraksi Partai Gerindra.

Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.