MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Puluhan Difabel di Jepara Dibuatkan SIM D Gratis Fraksi Nasdem

0 246

MuriaNewsCom, Jepara – Para difabel (penyandang cacat) di Kabupaten Jepara banyak yang menggunakan sepda motor yang dimodifikasi menjadi roda tiga untuk menunjang aktivitasnya. Hanya saja, mereka tak bisa leluasa lantaran tak mengantongi SIM D yang merupakan SIM khusus untuk penyandang cacat.

Namun, Sabtu (12/5/2018) ini puluhan penyandang cacat di Jepara tersebut tak bakal takut lagi jika ada razia di jalanan. Pasalnya, hari ini mereka telah difasilitasi oleh Fraksi Nasdem DPRD Jepara dan Jepara Volunteer untuk membuat SIM D secara gratis.

Ada 33 penyandang cacat yang mengikuti ujian SIM D hari ini. Dan rencanya, pekan depan Fraksi Nasdem DPRD Jepara juga akan menggelar lagi pembuatan SIM D gratis di Satlantas Polres Jepara.

Salah satu difabel yang mengikuti ujian SIM D gratis itu yakni Sandar (36) warga Siripan, Kecamatan Kota, Jepara. Penyandang tuna daksa ini kini telah resmi mengantongi SIM D yang telah lama diimpikannya. Ia mengaku selama ini sering takut kena tilang karena tak mempunyai SIM.

“Saya sering khawatir kena tilang polisi saat naik sepeda motor roda tiga, karena memang belum punya SIM D. Tapi sekarang rasanya tenang,” ujarnya.

Bahkan karena ketiadaan SIM ini ditambah terdesak kebutuhan, Sandar yang bekerja sebagai tukang ukir tersebut terpaksa menjual motor roda tiga miliknya. Namun setelah mempunyai SIM ini ia bertekat untuk menabung agar bisa kembali membeli sepeda motor.

“Semoga secepatnya bisa beli lagi. Terlebih sekarang sudah punya SIM D. Saya bisa bergerak kemana saja tanpa harus was-was berurusan dengan polisi,” katanya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Nasdem DPRD Jepara, Mur Hidayat menyatakan, kegiatan ini digelar untuk memfasilitasi penyandang disabilitas agar lebih produktif. Selain itu juga untuk mendukung program tertib berlalu lintas. Program ini menurut dia, digelar dalam dua gelombang.

“Gelombang pertama ini ada 33 difabel. Pekan depan kita adakan lagi gelombang kedua. Semoga ada lebih banyak saudara kita penyandang difabel yang ikut pembuatan SIM D ini,” terang Sekretaris DPC Nasdem Jepara ini.

Ia menyebut, program ini dilaksanakan dari banyaknya masukan dari masyarakat, terutama dari penyandang disabilitas. Dalam program ini, seluruh biaya pembuatan SIM ditanggung oleh Fraksi Nasdem.

Selain itu, para difabel yang mengikuti program ini juga mendapatkan bingkisan peralatan salat. Bingkisan ini sebagai bekal beribadah menjelang puasa Ramadan.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.