MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Siswa Smansa Purwodadi Grobogan Lolos Seleksi Anggota Paskibraka Nasional, Ini Sosoknya

0 9.739

MuriaNewsCom, Grobogan – Prestasi istimewa berhasil diraih siswa SMAN 1 (Smansa) Purwodadi Muhammad Rajif Maulana. Hal ini seiring keberhasilan Rajif yang bisa lolos seleksi jadi anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tingkat nasional mewakili Provinsi Jawa Tengah. Anggota Paskibraka ini nantinya yang akan bertugas dalam upacara Hari Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2018 di Istana Negara.

Kabid Pemuda Disporabudpar Grobogan Eko Priyono saat dimintai komentarnya membenarkan jika pelajar atas nama Muhammad Rajif Maulana berhasil lolos jadi anggota Paskibraka nasional. Dalam seleksi tingkat Jateng, ada dua pelajar yang dikirim. Satu putra dan satu putri atas nama Alfi Ika Nabila yang juga siswa Smansa Purwodadi.

Ia menjelaskan, pada bulan April lalu, pihaknya melakukan seleksi anggota paskibraka tingkat kabupaten. Dua di antaranya, yakni Rajif dan Alfi kemudian dikirim mengikuti seleksi ke Jateng.

“Untuk Rajif akhirnya berhasil lolos ke paskibraka nasional. Sedangkan wakil kita yang putri lolos paskibraka tingkat Jateng. Karena keduanya lolos nasional dan jateng maka posisinya sebagai anggota paskibraka tingkat kabupaten akan digantikan pelajar lainnya yang sudah terseleksi,” jelasnya, Jumat (11/5/2018).

Anggota paskibraka yang lolos ke level nasional diambil dua orang, putra dan putri. Untuk putra diisi Rajif dan wakil putri adalah pelajar dari Kota Pekalongan.

Eko menyatakan, keberhasilan duta paskibraka Grobogan lolos ke tingkat nasional dinilai sangat membanggakan. Soalnya, sudah cukup lama tidak ada pelajar yang berhasil lolos seleksi nasional.

“Dulu pernah ada pelajar putri yang bisa lolos paskibraka nasional. Tapi itu sekitar 15 tahun lalu. Setelah itu, paling banter lolos ke tingkat provinsi. Jadi, keberhasilan ini memang membanggakan,” katanya.

Sementara itu, Rajif yang ditemui wartawan menyatakan, sebelumnya ia sudah mempersiapkan fisik, pengetahuan umum, dan pengetahuan paskibraka sebelum mengikuti seleksi tingkat Kabupaten. Hingga akhirnya, ia terpilih jadi salah satu duta untuk mewakili Grobogan dalam seleksi tingkat provinsi.

“Terus terang, saya tidak menyangka bisa mencapai prestasi itu. Keberhasilan ini berkat dukungan dari banyak pihak. Mulai orang tua dan keluarga, kakak-kakak senior, teman, guru dan pelatih saya,” ungkap siswa kelas X itu.

Rajif menyatakan, kurang lebih sudah delapan bulan ini anak pertama dari dua bersaudara itu mengikuti ekstra paskupbara di sekolahannya. Banyak suka duka yang diterima selama mengikuti ekstra kurikuler ini.

“Saya memilih menjadi anggota Paskubpara demi melatih kedisiplinan, tanggung jawab, belajar berorganisasi serta memiliki banyak teman,” jelas putra pasangan Arief Fajar Setiadi dan Jariyah itu.

Editor : Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.