MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Seperti 911-nya Amerika, Kota Semarang Punya 112

0 195

MuriaNewsCom, Semarang – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang meluncurkan call center 112 sebagai nomor layanan yang bisa digunakan warga saat terjebak dalam kondisi darurat. Konsep 112 ini hampir sama dengan 911 yang dimiliki Amerika.

Dengan cukup menghubungi nomor ini, warga bisa meminta pertolongan ambulans, pemadam kebaran, hingga masalah kriminalitas.

Layanan ini diluncurkan Wali Kota Semarnag Hendrar Prihadi bertepatan dengan hari jadi ke-471 Kota Semarang, kemarin. “Kalau di luar negeri ada 911, di sini (Kota Semarang) ada 112,” katanya.

Menurut dia, sebelum ada 112, nomor layanan untuk berbagai hal begitu banyak. Seperti ada 1500-132 untuk kesehatan, ada 1500-092 untuk kriminalitas, ada juga untuk pemadam kebakaran, dan seterusnya.

Maka untuk lebih mempermudah masyarakat, nomor-nomor tersebut kita rangkum menjadi satu, dengan dibantu oleh operator,” ujarnya.

Saat peluncuran itu, Hendi panggilan akrab wali kota, mencoba menjajal nomor layanan itu. Hendi menelepon nomor 112 dan dijawab operator dengan meminta menyebutkan nama lengkap dan nomor telepon.

Setelah itu, Hendi meminta pertolongan untuk meminta ambulans. Hendi juga menanyakan berapa lama waktu yang dibutuhkan, dan dijawab oleh operator ambulans akan datang dalam waktu lima menit.

Ambulans yang melayani panggilan ini adalah Ambulans Hebat milik Pemkot Semarang. Ambulans ini merupakan layanan gratis yang disiapkan Pemkot Semarang untuk menolong warga.

Meski demikian menurut dia, program ini akan terus dievaluasi. Terutama mengenai kecepatan respon dan koordinasi operator dengan pihak terkait.

“Hari ini sudah bisa digunakan, dan akan kita evaluasi terus terkait kecepatan respon yang diberikan. Targetnya pasti secepat mungkin untuk meminimalkan risiko,” terang Hendi.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.