MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KNKT Selidiki Kecelakaan Pesawat Saat Manuver di Bandara Cilacap Hingga Pilot Tewas

0 390

MuriaNewsCom, Cilacap – Sebuah pesawat latih PK-RTZ milik Ganesha Flight Academy mengalami kecelakaan saat bermanuver dalam latihan aerobatic di Bandara Tunggulwulung, Cilacap, Selasa (20/3/2018) sore. Kecelakaan itu membuat sang pilot, Kolonel Penerbang M.J. Hanafie tewas.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Rabu (21/3/2018) hari ini melakukan penyelidikan terhadap penyebab kecelakaan tersebut. Informasi yang beredar pesawat itu mengalami kecelakaan saat bermanuver terlalu rendah dan menabrak sejumlah pesawat yang tengah parkir.

”Besok (hari ini-red) kita masih bersama pihak bandara dan KNKT untuk melakukan investigasi. Polri dalam hal ini Polres Cilacap hanya memback up saja, karena penyelidikan ini akan dilakukan oleh KNKT,” kata Kapolres Cilacap, AKBP Djoko Julianto, malam tadi.

Kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 15.15 WIB. Saat itu pesawat tengah berlatih aerobatik dalam rangka wisuda siswa Ganesha Flight Academy yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu (24/3/2018).

Pesawat PK-RTZ lepas landas dari Bandara Tunggul Wulung sekitar pukul 14.02 WIB, selanjutnya pada pukul 15.15 WIB melakukan aerobatik.

Polisi memeriksa dan mengamankan lokasi kecelakaand an puing-puing pesawat. (Polres Cilacap)

Karena terbang terlalu rendah, pesawat tersebut kehilangan daya angkat hingga akhirnya hilang kendadi dan menabrak enam pesawat yang sedang parkir di apron dan hanggar milik Perkasa Flight School di Bandara Tunggul Wulung, Cilacap.

“Iya ada kecelakaan pesawat. Dia sedang terbang aerobatik, kemudian hilang kendali, dan menghantam ke hanggar,” kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Udara (UPBU) Kelas III Tunggul Wulung Cilacap Denny Ariyanto kepada wartawan.

Akibat kejadian tersebut, pilot Hanafie meninggal dunia dan jenazahnya dibawa ke RSUD Cilacap Cilacap dan penyebab terjadinya kecelakaan masih diselidiki oleh KNKT.

Setelah dilakukan pemeriksan, sekitar pukul 22.07 WIB menuju Yogyakarta untuk diterbangkan ke rumah duka di Malang.

Sebelum diberangkatkan dari RSUD Cilacap ke rumah duka, Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum. Dalam upacara penghormatan terakhir itu juga didampingi Danlanud Jendral Soedirman Letkol Putu Sucahyadi, Dandim 0703/Cilacap Letkol Yudi Purwonto, Danlanal Cilacap Kolonel Laut (P) Agus Prabowo.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.