MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Meriah, Begini Suasana Lomba Permainan Tradisional di Alun-alun Purwodadi

0 564

MuriaNewsCom, Grobogan – Acara lomba permainan tradisional yang dilangsungkan di alun-alun Purwodadi, Grobogan berlangsung meriah, Selasa (13/3/2018). Peserta lomba semuanya merupakan siswa SD perwakilan dari 19 kecamatan.

Ada dua jenis permainan yang dilombakan kali ini. Yakni, lomba balap bakiak dan egrang. Jumlah peserta lomba egrang ada 19 regu dan tiap satu regu terdiri 5 siswa. Sedangkan lomba bakiak juga ada 19 regu dan tiap satu regu terdiri 9 siswa.

Meski hadiah yang disediakan tidak begitu besar, namun ratusan peserta saling unjuk kebolehan dalam lomba yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-292 Kabupaten Grobogan tersebut. Bahkan, sebagian peserta terlihat jatuh bangun saat mengikuti lomba balap berjarak sekitar 50 meter itu.

Aksi yang diperlihatkan peserta bahkan juga mengundang gelak tawa dari para guru dan penonton. Bahkan, Bupati Grobogan Sri Sumarni juga terlihat gembira saat melihat jalannya lomba.

”Sudah lama tidak pernah melihat permainan seperti ini. Melihat suasana seperti ini, saya jadi terkenang waktu kecil dulu. Saat masih anak-anak, saya juga biasa mainan kayak gini,” katanya sembari tertawa.

Sri berharap agar permainan tradisional seperti itu terus dikenalkan pada masyarakat. Khususnya pada anak-anak SD, supaya permainan itu tetap lestari.

Secara khusus, ia juga sempat meminta pada Kadinas Pendidikan Grobogan Amin Hidayat yang juga hadir dalam acara tersebut agar rutin menggelar lomba permainan tradisional. Untuk lomba mendatang, Sri meminta agar jenis permainan yang dilombakan ditambah lagi.

”Permainan tradisional yang kita miliki banyak sekali. Selain egrang dan bakiak, ada juga gobak sodor dan lainnya,” katanya.

Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.