MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jumlah Kecamatan di Kota Semarang Bakal Membengkak Jadi 32

0 1.179

MuriaNewsCom, Semarang – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mewacanakan untuk melakukan pemekaran kecamatan di ibu kota Provinsi Jateng itu. Kota Semarang yang saat ini terdiri dari 16 kecamatan tengah dikaji untuk dimekarkan menjadi 30-32 kecamatan.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, pemekaran wilayah tersebut bertujuan untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi. Karena perekonomian Kota Semarang dinilai masih tertinggal dibanding kota-kota besar lain di Indonesia.

Ia menyebut, salah satu faktor lambatnya pertumbuhan ekonomi di Kota Semarang, karena terlalu luasnya pembagian administrasi pemerintahan.

‘’Pemekaran kecamatan saya rasa sangat diperlukan untuk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi. Ini akan kami pertimbangan dan menjadi target prioritas pembangunan yang harus dilakukan,’’ kata wali kota yang disapa Hendi ini.

Wilayah Kota Semarang mempunyai luas sekitar 373,8 km persegi. Dengan wilayah yang sangat luas itu, hanya dibagi menjadi 16 kecamatan. Oleh karenanya dinilai perlu dilakukan pemekaran untuk mempercepat laju ekonomi.

Hendi membandingkan dengan Filiphina dan Vietnam. Dua negara itu memiliki jumlah Provinsi yang lebih banyak dibanding Indonesia.

Hal itu yang menyebabkan laju pertumbuhan ekonomi dua negara itu lebih besar dengan Indonesia. Meskipun, keberadaan Sumber Daya Alam (SDA) di dua negara itu jauh tertinggal dibanding Indonesia.

Contoh lagi adalah Kota Bandung dan Surabaya. Hendi menerangkan, Bandung dengan wilayah seluas 150 km persegi memiliki 31 kecamatan. Sedangkan Surabaya yang luas wilayahnya tidak jauh berbeda dengan Kota Semarang, memiliki 30 kecamatan.

‘’Bandingkan saja, laju pertumbuhan dua kota itu jauh lebih pesat dibanding Kota Semarang. Untuk itu, saya merasa pemekaran wilayah penting dilakukan. “Jadi memang penting, ini akan menjadi prioritas kami,’’ tegasnya.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.